Global ReviewHeadline

Mantan Presiden Sri Lanka, Rajapaksa Diperkirakan Akan Kembali ke Sri Lanka Minggu Depan Usai Melarikan Diri

Sri Lanka, Kolombo – Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, yang melarikan diri dari negara pulau itu bulan lalu di tengah protes massal, diperkirakan akan kembali minggu depan, menurut seorang menteri senior.

Menteri Luar Negeri Ali Sabry mengatakan kepada CNN pada Rabu malam bahwa kembalinya Rajapaksa telah dikomunikasikan kepada pemerintah Sri Lanka “melalui saluran diplomatik.”

“Kami tidak memiliki peran resmi dalam pengembalian. Dia adalah warga negara Sri Lanka dan bebas bepergian sesuka hatinya”, kata Sabry.

Sepupu Rajapaksa yang terasing, mantan Duta Besar Sri Lanka untuk Rusia Udayanga Weeratunga, mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa mantan presiden akan kembali pada 24 Agustus.

Rajapaksa tiba di Thailand setelah melarikan diri dari Sri Lanka dengan pesawat militer ke Maladewa dan kemudian ke Singapura pada Juli, hanya beberapa hari setelah pengunjuk rasa yang marah menyerbu kediaman dan kantor resminya.

Dia mengundurkan diri dari Singapura ketika kemarahan publik tumbuh atas dugaan salah urus ekonominya.

Keluarnya mantan pemimpin dengan tergesa-gesa itu adalah momen penting bagi negara berkekuatan 22 juta orang yang diperintah oleh anggota keluarga Rajapaksa dengan tangan besi selama sebagian besar dari dua dekade sebelumnya.

Selama berbulan-bulan, kemarahan telah tumbuh di Sri Lanka ketika cadangan devisa negara itu jatuh ke rekor terendah, dengan dolar habis untuk membayar impor penting seperti makanan, obat-obatan, dan bahan bakar.

Ketika kemarahan publik atas krisis tumbuh, saudara laki-laki Rajapaksa, Mahinda Rajapaksa, terpaksa mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada bulan Mei.

Kepergiannya terjadi selama hari kekacauan dan kekerasan yang memuncak pada polisi yang memberlakukan jam malam nasional.

Menurut laporan, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menyatakan pada akhir Juli bahwa itu adalah “bukan waktu yang tepat” bagi Gotabaya Rajapaksa untuk kembali ke negara itu karena akan memperburuk ketegangan politik.

Sumber: CNN

What's your reaction?

Related Posts

1 of 788

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *