Global ReviewInternasional

AS Minta Israel dan Palestina Untuk Hindari Langkah-Langkah Pemicu Ketegangan

Amerika Serikat pada hari Rabu mendesak Israel dan Palestina untuk menghindari “provokasi” dan mempertahankan gencatan senjata setelah Israel menyetujui pawai nasionalis yang kontroversial di Yerusalem.
“Kami percaya sangat penting untuk menahan diri dari langkah-langkah yang memperburuk ketegangan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price ketika ditanya tentang pawai tersebut.

Dia mengatakan Amerika Serikat terlibat dalam diplomasi dan ingin melakukan “segala yang kami bisa untuk mencoba mencegah eskalasi atau provokasi yang mungkin memberikan percikan untuk memperbarui kekerasan.”


Ditanya apakah Amerika Serikat menentang pawai tersebut, Price menolak untuk menanggapi secara langsung tetapi mengatakan: “Kita semua melihat apa yang memicu gejolak terakhir kekerasan dan kita tahu betapa rumitnya situasinya.”


Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memberi lampu hijau untuk pawai melalui Yerusalem minggu depan, di tengah ancaman oleh Hamas untuk melanjutkan pertempuran jika itu terus berlanjut.


Demonstrasi sebelumnya oleh kelompok-kelompok Yahudi sayap kanan meningkatkan ketegangan di Yerusalem, mendorong intervensi polisi di kompleks masjid suci Al-Aqsa yang dikutip oleh Hamas saat menembakkan roket ke Israel.


Kerusuhan itu memicu serangan roket oleh Hamas, yang memicu konflik militer yang menewaskan 260 warga Palestina dan sedikitnya 13 orang di Israel bulan lalu.

Sumber: Arab News

What's your reaction?

Related Posts

1 of 189