Info Klikers

Lantik Pejabat Tinggi Pratama, Menteri ESDM: Kerja Mikro Sangat Penting

KLIKERS.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian ESDM. Pelantikan ini adalah bagian dari penyegaran, serta untuk menjawab tantangan saat ini.

“Jabatan adalah Amanah dan kepercayaan Pimpinan, untuk itu setiap Pejabat harus mampu mengemban Amanah dan harus mampu menjaga kepercayaan yang diberikan Pimpinan dengan menunjukan kinerja yang baik,” ujar Arifin, di Kantor Kementerian ESDM, Kamis (26/10).

Situasi dunia saat ini sedang bergejolak. Tantangan kehidupan bertambah, serta perubahan iklim yang menyebabkan krisis pangan, pelemahan ekonomi, geopolitik, lonjakan harga minyak, dan suku bunga tinggi Amerika Serikat. Diperlukan pengawalan implementasi dan pengecekan pekerjaan yang detail.

“Permasalahan tersebut harus kita selesaikan secara bertahap, kunci keberlanjutan itu bukan di kebijakan dan rencana makronya, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana mengawal implementasi, kerja detail, dicek yang detail, kerja lapangan, diawasi dan dicek di lapangan. Artinya kerja mikro itu sangat penting sekali. Kawal, cek dan awasi di lapangan sehingga sesuai betul dengan kebijakan, yang sudah kita putuskan,” tutur Arifin pada sambutannya.

Baca juga :   Kungker ke Belanda, Menteri Arifin Undang Perusahaan Belanda Investasi Energi Bersih dan Infrastruktur Ketenagalistrikan Antarpulau

Kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Arifin berpesan untuk mengawal program strategis Direktorat Jenderal Migas, antara lain program pembangunan pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem), memonitor pelaksanaan langkah-langkah akhir tahun APBN.

“Kemudian kepada Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, tingkatkan pelayanan perizinan dan ciptakan iklim investasi di kegiatan hilir migas yang lebih menarik dan kondusif, menjaga ketersediaan bahan bakar minyak dan khususnya LPG 3 kg di seluruh NKRI, agar lebih responsif dan segera menyiapkan langkah-langkah antisipatif jika terjadi kelangkaan BBM dan LPG 3 kg,” imbuhnya.

Kepada Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) yang baru, Arifin berpesan untuk dapat menjaga kepercayaan publik dan terus mengawal capaian yang ditorehkan Kementerian ESDM.

“Layanan informasi tetap dijaga, sengketa-sengketa informasi terus ditingkatkan upaya mitigasi dan penyelesaiannya. Tak hanya itu, kerja sama yang telah berjalan baik itu dalam negeri maupun luar negeri juga harus dapat ditingkatkan hingga tahap implementasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” tandasnya.

Baca juga :   Menteri Arifin Tasrif Lantik Anggota DEN Pengganti dari Pemangku Kepentingan

Kepala Biro Perencanaan diminta untuk meningkatkan kualitas bahan dan substansi, mulai membahas evaluasi Rencana Strategis 2020-2024, serta menyusun Renstra 2025-2029, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan tugas.

Sementara, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM diharapkan segera menyelesaikan penataan terkait proses bisnis serta menuntaskan program transformasi digital di Lingkungan Kementerian ESDM.

“Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi agar terus meningkatkan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Migas, Minerba dan EBTKE untuk penyiapan pengembangan sektor sumber daya mineral,” tambah Arifin.

Menteri juga mengingatkan para pejabat yang dilantik untuk selalu menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta membatasi pergaulan secara proporsional.

“Kontrol dokumen administrasi persuratan dengan baik dan jangan lambat untuk merespon, agar selalu mendukung pengembangan kompetensi SDM, selalu membuka diri ke seluruh pegawai dan stakeholders,” pungkasnya.

Source: Esdm.go.id

What's your reaction?

Related Posts

1 of 784

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *