Info Klikers

DKP3 Kota Tangsel Serahkan Bantuan kepada Gerbang Emas, Disaksikan Anggota DPRD Tangsel dan Pansus Pertanian

KLIKERS INDONESIA – Gerbang Emas (Kelompok Budidaya Ikan) yang berada di Kota Tangerang Selatan mendapat bantuan benih dan pakan ikan (ikan lele) untuk sampai panen. Bantuan tersebut, diserahkan di Balai Ketahanan Pangan Binaan DKP3 yang berada di Pamulang Timur, pada Senin (04/12/2023).

Sebagaimana informasinya, bantuan itu secara simbolis diserahkan pada tanggal 20 November 2023 oleh Kepala DKP3 Kota Tangerang Selatan.

Hadir diantaranya, BBPBAT Sukabumi dan disaksikan oleh Pansus Pertanian DPRD Kota Tangerang Selatan, pada saat yang sama DKP3 Kota Tangsel bersama Ketua Gerbang Emas dan juga aktivis ketahanan pangan binaan Gerbang Emas ikut hadir sebanyak 32 orang untuk mendapatkan pembinaan dan tanya jawab langsung di kegiatan tersebut.

Walikota Kota Tangerang Selatan melalui kepala DKP3 Kota Tangerang Selatan mengucap syukur penggiat Budidaya Ikan Lele di Gerbang Emas masih tetap konsisten dan semangat berusaha maksimal untuk maju melalui budidaya ikan lele dalam dampingan Gerbang Emas dan DKP3 Kota Tangerang Selatan.

Baca juga :   Bantuan Perusahaan Sektor ESDM Terus Mengalir untuk Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Ruang

Adapun Pokdakan (Kelompok Budidaya ikan) Gerbang Emas mendapat perhatian dari pemerintah melalui DKP3 Kota Tangerang Selatan dan Pansus Perikanan Kota Tangerang Selatan, Sekdis DKP3 Kota Tangerang Selatan dan Tim sangat membantu pokdakan dalam mengembangkan potensi mereka agar hasil budidaya bisa maksimal.

Lebih lanjut, Ketua pokdatan Gerbang Emas Daeng Rahmat mengatakan peran pemerintah dalam hal ini DKP3 memiliki efek positif bagi pihaknya.

“Kita terima kasih sekali, tentunya ini sangat membantu anggota Gerbang Emas dan menjadi motivasi kami untuk terus berkegiatan. Dan tentunya ini sangat meringankan kami,” ujar Daeng Rahmat kepada awak media.

Sementara itu dikesempatan yang sama, anggota DPRD Kota Tangerang Selatan yang juga adalah pansus Perikanan menyampaikan bahwa perlu campur tangan pemerintah bahkan kalau mau sungguh-sungguh harus ada perwal yang mengawal kegiatan budidaya ikan tersebut, agar terus berkembang.

“Ada banyak Pokdakan butuh pendampingan dan bantuan dari pemerintah daerah sampai Kementrian KKP juga memiliki tanggungjawab untuk membina para Pembudidaya agar terus berkembang dan maju,” katanya.

Baca juga :   Bantuan Perusahaan Sektor ESDM Terus Mengalir untuk Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Ruang

Selanjutnya, pada Senin (04/12/2023) di Gerbang Emas Pamulang Timur Sekdis DKP3 Tnagsel bersama tim menyerahkan bantuan bibit lele ukuran 7-8cm dan Pakan ikan sampai panen sebanyak (2,7 Ton) bersama beberapa peralatan lainnya.

Sekdis DKP3 Tangsel menyampaikan bahwa harapannya semoga kedepan Pembudidaya Ikan Lele Kota Tangerang Selatan dan khususnya Gerbang Emas ini harus berorientasi bisnis, jadi mindsetnya itu tidak Pembudidaya tradisional.

“Mengapa harus seperti itu, karena hamparan di kota kan tidak terlalu luas, maka harus maksimal dan efektif,” ungkap Sekdis DKP3 Kota Tangerang Selatan pada saat menyerahkan bantuan.

“Makanya kita selalu mengadakan bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas Pembudidaya untuk memaksimalkan produksi budidaya mereka di kota yang hamparannya tidak terlalu luas ini. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat,” tambah Kepala DKP3 KotaTangsel.

Untuk diketahui, Arahan dan harapan dari DKP3 KotaTangerang Selatan untuk kemajuan Gerbang Emas serta kolaborasi dengan beberapa OPD di kota Tangerang Selatan agar bisa mewujudkan kampung budidaya di kota Tangerang Selatan dan mewujudkan cita-cita presiden Jokowi untuk (Hilirisasi menurut saya harus dimaknai bagaimana pemerintah mendorong bergeraknya sektor ekonomi perikanan ini agar masyarakat Indonesia bisa menikmati pangan perikanan yang terjangkau berkualitas, “Jokowi”), dalam hal ini Lele di kota Tangerang Selatan tersentralisasi di satu kawasan sehingga mudah di kontrol oleh pemerintah kota serta utamanya adalah bagaimana menjadikan manfaat bahkan penyumbang PAD untuk Kota Tangerang Selatan ke depannya.

Baca juga :   Bantuan Perusahaan Sektor ESDM Terus Mengalir untuk Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Ruang

Bantuan yang diberikan ini bukan kali pertama dan terkhir dari DKP3 Kota Tangerang Selatan mudah-mudahan bisa berlanjut di bantuan lainnya. Sebelumnya DKP3 Kota Tangerang Selatan itu juga menyerahkan bantuan ke beberapa kelompok lainnya yang ada di Gerbang Emas berupa tanaman hortikultura maupun peternakan bagi kelompok ternak warga Kota Tangerang Selatan.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 784

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *