Info KlikersKlik NewsPolitik

Bawaslu RI Klaim Konsisten Menjalankan Tugas Pengawasan

KLIKERS.ID – Mantan Ketua Bawaslu RI menilai lembaga yang pernah dipimpinya itu kalah gesit dibandingkan koalisi masyarakat sipil dalam menemukan dugaan kecurangan proses verifikasi partai politik.

Merespon hal itu Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu RI, Puadi memyampaikan bahwa Bawaslu RI sudah Konsisten Menjalankan Tugas Pengawasan.

“Bawaslu tetap konsisten dalam menjalankan tugasnya,” ujar Puadi kepada wartawan di kantor Bawaslu RI, Jumat (10/02/2023).

Khusus verifikasi partai politik calon perserta pemilu, Puadi melanjutkan bahwa Bawaslu RI telah bekerja dengan baik mengawasi pelanggaran dalam tahapan Pemilu 2024.

“Saya kira itu sah-sah saja sebagai warga negara untuk menyampaikan hal seperti itu, tetapi tetap kita berkomitmen bahwa dalam tahapan yang sudah berjalan, mulai dari tahapan pendaftaran parpol menjadi peserta pemilu, verifikasi administrasi, faktual, sampai penetapan, Bawaslu ada di situ,” ujar Puadi.

Puadi kembali menyampaikan rekapitulasi data penanganan pelanggaran hasil temuan Bawaslu maupun aduan dari masyarakat sepanjang proses pendaftaran hingga penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 pada 14 Des 2022 lalu, termasuk di dalamnya tahapan verifikasi administrasi dan faktual. Total, Bawaslu menemukan 99 dugaan pelanggaran oleh KPU yang terdiri dari 80 temuan dan 19 laporan.

Baca juga :   Sah! Anggota Bawaslu RI Puadi, Gunakan Hak Suara di Pemilu 2024

Khusus di tahapan verifikasi, Bawaslu mendapatkan 75 temuan. Sebanyak 64 di antaranya dilanjutkan dengan pemeriksaan di proses ajudikasi. Beberapa di antaranya menyatakan KPU terbukti melakukan pelanggaran administrasi. Puadi meyakini, data tersebut menunjukkan bahwa Bawaslu bekerja dengan baik dalam mengawasi segala proses tahapan.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,758

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *