Info Klikers

Apel HUT RI Ke-78, Momentum Bangsa Indonesia Terus Melaju

JAKARTA, KLIKERS.id – Keluarga Besar Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaksanakan apel upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 yang tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dalam arahannya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum selesai dan HUT RI ini bisa dijadikan momentum untuk itu. Kamis (17/08/2023).

“Melalui peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini kami mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Seperti olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran, dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah momentum yang memberikan energi gerak untuk bangsa Indonesia, agar terus melaju. Ada semangat perjuangan sebagai energi gerak yang progresif,” ujar Dadan selaku pembina upacara.

Dadan mengingatkan bahwa Kementerian ESDM sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945, mempunyai tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam dan komoditas energi yang menguasai hajat hidup orang banyak untuk dikelola secara berkeadilan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat.

Baca juga :   Cara Perhitungan Potensi Penyimpanan Karbon (CCS) Nasional

“Upaya mewujudkan Indonesia Maju 2045, disektor energi dan sumber daya mineral harus dilaksanakan dengan memastikan pasokan energi yang cukup, hilirisasi industri, aksessibilitas energi di seluruh lapisan masyarakat, dan transformasi energi melalui komitmen serius terhadap tren global penggunaan energi dunia dalam rangka mitigasi dampak gas rumah kaca,” lanjut Dadan.

Komitmen Indonesia menuju net zero emissions tahun 2060 merupakan sebagian dari transformasi yang diperlukan dalam upaya menjadi negara maju di tahun 2045. Upaya ini meliputi diversifikasi ekonomi dari konsentrasi sumber daya alam, pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia yang didorong oleh pengetahuan, teknologi dan inovasi, serta dengan memanfaatkan keunggulan kompetitif pada berbagai rantai nilai energi bersih.

“Masih banyak saudara kita yang belum menikmati listrik sama sekali, masih ada saudara kita yang belum menikmati harga BBM yang terjangkau. Kita juga menghadapi fakta bahwa indeks kualitas polusi udara di Jakarta sudah masuk dalam kategori tidak sehat, maka diperlukan upaya nyata untuk mewujudkan energi bersih. Hal-hal tersebut hanya merupakan sebagian kecil tantangan yang kita hadapi. Masih banyak lagi tantangan dan permasalahan bangsa ini yang harus kita dan untuk menyelesaikan untuk menyelesaikan permasalahan itu diperlukan suatu lompatan inovasi birokrasi,” ujar Dadan.

Baca juga :   Soal Kondisi Dataran Pantai Demak, Begini Analisis Badan Geologi ESDM

Paradigma pengelolaan energi dan sumber daya mineral telah mengalami perubahan yang semula sebagai sumber pendapatan negara menjadi penggerak perekonomian negara. Menurut Dadan, ini harus dijadikan pecutan bagi anak bangsa Indonesia sebagai aktualisasi kekuatan diri melalui perubahan pola pikir, sikap dan perilaku secara merdeka dan lebih kompetitif, berintegritas, serta bekerja untuk kemakmuran rakyat dalam menghadapi persaingan global.

Diakhir arahannya, Dadan meminta seluruh pegawai Kementerian ESDM dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien dengan tetap memagang nilai-nilai (values) setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni BerAKHLAK.

“Saya meminta kepada seluruh pegawai Kementerian ESDM untuk bekerja dengan lebih efektif, dan mewujudkan efisiensi serta tetap optimis dalam memandang masa depan. Kita harus tetap solid dalam bekerja dengan tetap memegang nilai-nilai (values) yang harus dimiliki oleh setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah BerAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” pungkas Dadan.

Source : Esdm.go.id.

Baca juga :   Menteri ESDM Pastikan Pasokan Gas Industri Pupuk Terpenuhi

What's your reaction?

Related Posts

1 of 788

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *