Special Klik

Pasukan Israel Bunuh Warga Palestina di Tepi Barat

JERUSALEM: Pasukan Israel menembak dan membunuh seorang pria Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada hari Minggu.

Media Israel melaporkan pria itu membawa pisau dan berusaha menikam tentara yang berjaga di dekat pemukiman Yahudi.

Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pria itu sebagai Ahmad Kahla, 45. Militer Israel belum memberikan komentar.

Ketegangan telah melonjak selama berbulan-bulan di wilayah pendudukan. Militer Israel telah melakukan serangan dan penangkapan setiap malam sejak musim semi lalu.

Penggerebekan itu dipicu oleh gelombang serangan Palestina terhadap Israel yang menewaskan 19 orang, sementara 10 orang Israel lainnya tewas dalam serangan kedua akhir tahun lalu.

Menurut data kelompok HAM Israel B’Tselem, hampir 150 warga Palestina tewas oleh tembakan Israel di Tepi Barat dan Yerusalem timur pada 2022. Peristiwa ini menjadikan tahun 2023 sebagai paling mematikan sejak 2004. Menurut penghitungan oleh The Associated Press, sejak awal tahun ini, 13 warga Palestina telah tewas.

Israel mengklaim sebagian besar yang tewas adalah kelompok militan. Namun pelempar batu Palestina, pemuda yang memprotes penyerangan dan lainnya yang tidak terlibat dalam konfrontasi juga tewas.

Israel mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk membongkar jaringan militan dan menggagalkan serangan di masa depan.

Orang-orang Palestina melihat tentara Israel sebagai kelompok pendudukan terbuka Israel selama 55 tahun atas tanah yang mereka cari untuk negara merdeka mereka di masa depan.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, bersama dengan Jalur Gaza dan Yerusalem timur, wilayah yang diinginkan Palestina untuk negara harapan mereka. Israel sejak itu telah menempatkan 500.000 orang di sekitar 130 permukiman di Tepi Barat, yang dipandang oleh orang Palestina dan sebagian besar masyarakat internasional sebagai penghalang perdamaian.

Sumber: AP

What's your reaction?

Related Posts

1 of 538

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *