Regional

Damkar Tangsel: Peran Aktif Masyarakat Kunci Pencegahan Bahaya Kebakaran

Masyarakat memiliki peran krusial dalam upaya pencegahan dan penaggulangan kebakaran. Peran aktif masyarakat adalah kunci efektifitas pencegahan dini kebakaran.

Dalam rangka mewujudkan pencegahan bahaya dini kebakaran Damkar Tangsel membentuk realwan bernama Balakar (Barisan Relawan Pemadam Kebakaran) di masing-masing RT/RW. Dimana Balakar termasuk bagian dari upaya Damkar Tangsel untuk melakukan sistem pencegahan dan penaggulangan dini kebakaran. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif.

Demikian disampaikan oleh salah satu Narsum dalam kegiatan pembekalan Balakar di salah satu restoran dekat Teras Kota BSD Serpong Tangerang Selatan, Selasa, 16/07/2019.

Hadir dalam acara tersebut para relawan Balakar dari seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Setu, kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari ahli dan memberikan pembekalan dan praktik langsung mengenai penanganan pencegahan dini bahaya kebakaran dan penanganan kebakaran.

Damkar Tangsel membentuk SKKL (sistem keselamtan kebakaran lingkungan) dimana di dalamnya adalah ada unsur keterlibatan masyarakat diantaranya adalah Balakar.

Uci Sanusi, Kepala Damkar dan Penyelamatan Koa Tangerang Selatan saat dijumpai di kantornya menyampaikan bahwa tujuan dari dibentuknya relawan Balakar (Barisan Sukarelawan Kebaaran) Tangsel adalah upaya mencegah terjadinya kebakaran di tingat paling bawah yaitu RT/RW, melalui Balkar diharapkan tumbuh kesadaran warga masyarakat tentang pentingnya pencegahan kebakaran sehingga masyarakat ikut aktif dan mampu mengetahui, mengenali, menanggulangi, kebakaran sejak dini dan dengan mudah bisa bersinergi dengan petugas pemadam kebakaran.

“Peran serta masyarakat adalah kunci dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran yang dapat dimulai dari lingkungan masing-masing. dengan adanya peran aktif masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran maka kerugian harta benda dan korban jiwa dapat dihindari”. Kata salah satu Narsum dari Damkar dalam paparannya.

Acara diakhiri dengan makan siang dan ramah tamah dan dilanjutkan dengan koordinasi non formal antara Damkar Tangsel dengan relawan Balakar  Tangsel.

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396