Pendidikan

Unas Bersama Kedubes Italia Gelar Webinar Pekan Bahasa Italia ke-22

Universitas Nasional bersama Kedutaan Besar Republik Italia menggelar Webinar Pekan Bahasa Italia yang ke-22 Tahun. Kerjasama ini merupakan bagian dari mempererat hubungan bilateral Universitas Nasional dengan Pemerintah Italia melalui Kedutaan Besar Italia dan Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta (Istituto Italiano di Cultura, Jakarta).

Hubungan kerja sama Universitas Nasional bersama Kedutaan Besar Republik Italia sudah berlangsung sejak tahun 2009, berbasis pada kerjasama pendidikan dan kebudayaan. Dengan adanya kerjasama tersebut, Unas melalui Program Studi Sastra Inggris mendapat kesempatan untuk mengembangkan Bahasa Italia dengan kontribusi dari Pemerintah Italia.

Pengajaran Bahasa Italia sendiri telah diadopsi oleh Fakultas Bahasa dan Sastra sebagai Matakuliah Pilihan Fakultas yang dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Sastra Inggris, Prodi Sastra Jepang, Prodi Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa Korea. Jumlah kredit yang ditawarkan sebesar 4 sks, dengan nama matakuliah Bahasa Italia, Praktisi I dan II dengan pengajar adalah penutur asli/native-speaker rekomendasi dari Pusat Kebudayaan Italia (IIC).

Baca juga :   Pengukuhan 10 Guru Besar UNAS: Orasi Ilmiah Soal Perburuhan Hingga Harapan Membuat Zat Antiaging yang Aman

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M menyampaikan bahwa kegiatan Hybrid Webinar Bahasa Italia yang dilaksanakan merupakan bagian dari penunjang pengajaran Bahasa Italia di UNAS.

“Melalui seminar ini diharapkan mahasiswa khususnya yang mengambil mata kuliah Bahasa Itali mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang Bahasa Italia dan Konteks budayanya serta bisa mendapatkan kesempatan langsung untuk berinteraksi dengan para penutur asli”, katanya.

Ia berharap, ke depan nanti semakin banyak program yang bisa dilaksanakan bersama termasuk juga kesempatan bagi mahasiswa UNAS untuk kuliah di Universitas di Italia.

Pada kesempatan yang sama, Maria Battaglia, Director of Italian Cultural Institute, Istituto Italiano di Cultura Jakarta menyampaikan bahwa Pekan Bahasa Italia di Dunia adalah inisiatif untuk mempromosikan bahasa Italia yang dilakukan oleh jaringan budaya dan diplomatik Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional di bawah Perlindungan Tinggi Kepresidenan Republik Italia.

“Setiap tahunnya merayakan Bahasa Italia dan Kreatifitas di Dunia. Bahasa Itali merupakan bahasa yang indah melalui musiknya. Kegiatan ini merupakan kegiatan Edisi 22 yang berlangsung dari 17 hingga 23 Oktober 2022 dan akan mengangkat tema Italia dan kaum muda,” terangnya.

Baca juga :   Inilah Indonesia Foreign Policy Outlook 2024 Hasil Kajian Prodi HI UNAS dan AIHII

Maria juga menambahkan, kegiatan THE 22nd WEEK OF THE ITALIAN LANGUAGE IN THE WORLD: Italian Language in Millennials merupakan kegiatan untuk mempromosikan Bahasa dan Kebudayaan Italia ke seluruh dunia. “Dengan kegiatan seperti ini, pemerintah Italia juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan belajar Bahasa Italia ke Universitas of Italy di Italia,” pungkasnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Nasional yang telah menyelenggarakan kegiatan The 22nd Week of The Italian Language in The World. Kegiatan ini juga merupakan serangkaian acara Dies Natalis Universitas Nasional ke 73tahun oleh Prodi Sastra Inggris.

Kegiatan webinar yang digelar secara hybrid ini mengundang narasumber dari Italia, Paulo Rondinelli, dari SSML Carlo bo Bologna, Salvatore Cingari dan Federico Giordano dari University for Foreigner, Perugia untuk berdikusi mengenai Sastrawan Italia, Pier Paolo Pasolini yang dimoderatori oleh Antonietta Sireci. (*TIN)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 84

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *