Info KlikersPendidikan

10 Muharram/ Hari ‘Asyura :  Peristiwa Penting  Para Nabi

Hari Asyura (عاشوراء ) adalah hari ke-10 pada bulan Muharram dalam Kalender Hijriyah. Sedangkan asyura sendiri berarti sepuluh. Sebagai bulan pertama dan pembuka tahun kalender hijriyah, Muharram menjadi salah satu dari empat bulan suci yang tersebut dalam al-Qur’an. Keempat bulan yang dimaksud adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Bulan Muharram ini memiliki banyak keistimewaan.

Hari ke-10 Muharram atau hari Asyura merupakan hari bersejarah. Menurut beberapa riwayat disebutkan, banyak peristiwa penting terjadi di hari itu diantaranya:

1. Nabi Adam As, bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya setelah memakan buah khuldi, yang menyebabkan beliau dihukum oleh Allah SAW dan diturunkan ke dunia. Dengan kesalahan itu beliau bertaubat selama bertahun – tahun lamanya, pada akhirnya pada 10 Muharram di terimalah tobat beliau oleh Allah SWT.

2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh As di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.

3. Selamatnya Nabi Ibrahim As, dari siksa Raja Namrud berupa api yang membakarnya. Namun tepat pada tanggal 10 Muharram, Allah telah memerintahkan api itu untuk menjadi dingin sehingga Nabi Ibrahim tidak terluka sedikitpun.

Baca juga :   Mengapa Hukum Surgawi Ditetapkan? Temukan Jawabannya dalam Empat Tujuan Utamanya

4. Nabi Yusuf As, dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah.

5. Nabi Yunus As, selamat keluar dari perut ikan hiu.

6. Nabi Ayyub As, disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan.

7. Nabi Idris AS, diangakat menuju tempat yang tinggi (langit).

8. Nabi Yakub AS,disembuhkan dari penyakit mata .

9. Nabi Daud AS, diampuni dari segala dosa–dosanya.

10. Nabi Sulaiman AS, diberikan kerajaan untuk menyambut kedatangan Ratu Bilqis.

11. Nabi Musa As dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

12. Nabi Muhammad SAW, diampuni segala dosa baik yang telah lampau maupun yang belum dikerjakannya. 

Semua kejadian tersebut di yakini terjadi pada Hari Asyura (10 Muharram). Selain yang sudah di sebutkan, masih banyak lagi peristiwa-peristiwa penting terjadi pada tanggal 10 Muharram yang bersejarah ini.

Baca juga :   Misteri Keanekaragaman: Jejak Sejarah Agama di Nusantara

What's your reaction?

Related Posts

1 of 795

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *