Opini

Berburu Pahala di Bulan Ramadhan

Oleh : Zikraini Alrah (Mahasiswi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan tahun ke-2 dalam masa pandemi, walaupun begitu jangan sampai membuat mental kita lemah untuk tetap beribadah. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dengan sejuta kemuliaan.

Ramadhan adalah bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri, bulan Ramadhan juga bulan yang paling di rindu-rindukan dan di nanti-nantikan bagi umat Islam, karena dalam bulan ini amal ibadah kita dilipat gandakan.

Pada bulan Ramadhan ini umat Islam akan berlomba-lomba dalam mengerjakan amal kebaikan untuk mendapatkan pahala. tentu untuk mendapatkan pahala tersebut kita harus berusaha, tidak hanya ber santai-santai atau tiduran saja.

Di bulan Ramadhan tidak hanya ibadah puasa saja yang dilakukan untuk mendapatkan amalan, melainkan masih banyak ibadah-ibadah lainnya seperti membaca al-Qur’an, sholat tarawih, bersedekah, i’tikaf, berzakat dan amalan lainnya. Dengan melakukan amalan-amalan tersebut kita sudah mendapatkan pahala.

Bulan Ramadhan mempunyai banyak sekali keistimewaan di bandingkan dengan bulan-bulan lainnya, salah satu keistimewaan Ramadhan adalah adanya malam Lailatul Qadar, dimana malam itu hanya ada dalam bulan Ramadhan.

Baca juga :   Panama, Perubahan Iklim & Perdagangan Global

Lailatul Qadar digambarkan dalam al-Qur’an bagaikan malam yang baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia. Kita bisa mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Puasa di bulan Ramadhan juga merupakan rukun Islam yakni tiang penegak Islam. Siapa saja yang berpuasa dalam bulan yang penuh kemuliaan ini, maka pahalanya akan dilipat gandakan.

Pada malam tiap bulan Ramadhan umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat tarawih, sholat tarawih dilakukan setelah sholat isya, sholat ini bisa dilakukan berjamaah atau sendiri.

Nabi pernah bersabda “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”.(HR. Bukhari dan Muslim).

Di bulan Ramadhan juga merupakan waktu bersedekah yang paling baik untuk dilakukan, bersedekah merupakan sifat dermawan yang sangat disukai oleh Allah. Dengan bersedekah membuat kita lebih bersyukur atas apa yang telah kita miliki.

Bersedakah tidak hanya dalam bentuk uang, bersedekah juga bisa dalam bentuk lain seperti memberikan makanan sahur dan berbuka kepada tetangga. Salah satu keutamaan bersedekah  di bulan Ramadhan adalah bisa melapangkan siksa kubur kita kelak. Orang-orang yang bersedekah akan mendapatkan kelapangan dada dan hati.

Baca juga :   DWP DKI Jakarta Gelar Kajian, Bukber dan Berbagi Bersama Sahabat Difabel di Pesantren Difabel Baznas Bazis DKI Jakarta

Pada bulan Ramadhan yang begitu mulia ini al-Qur’an juga diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu membaca al-Qur’an pada bulan Ramadhan juga merupakan hal utama untuk dilakukan, dengan membaca kitab Allah tersebut akan menambah pahala bagi pembacanya, membaca al-Qur’an pada bulan Ramadhan juga merupakan sunah Nabi Muhammad, di tahun Ramadhan sebelum Nabi wafat beliau khatam al-Qur’an sebanyak dua kali.

Disaat berpuasa di bulan Ramadhan kita juga diajarkan untuk bersabar, menahan nafsu serta berbaik sangka antar sesama.

Jadi kalau ada teman atau tetangga kita di bulan Ramadhan tiba-tiba rajin ke masjid, padahal selama ini pergi ke masjid cuma untuk sholat jum’at saja, ada yang berpakaian syar’i, padahal selama ini hanya memakai rok mini atau ada yang banyak bersedekah padahal biasanya untuk mengeluarkan recehan saja susah, kita jangan sampai mencela dan mempergunjingkan atau pun mengolok-olok mereka.

Jangan sampai pahala puasa dan amalan kita yang kita lakukan tidak bernilai apa-apa dimata Allah. Jadi berbaik sangka itu juga merupakan amalan yang mendapatkan pahala, apalagi di bulan yang magfirah ini.

Baca juga :   Autopsi Forensik Sebagai "Alat bukti Keterangan Ahli"

Semoga Ramadhan kali ini memberikan pencerahan dan meningkatkan pemahaman serta penilian kita untuk  bisa membedakan antara yang benar dan yang salah, sehingga menjadikan kita untuk lebih bertaqwa dan mari jadikan Ramadhan ini  sebagai titik awal untuk perubahan yang lebih baik dan berusaha menjadi manusia yang terus berbuat baik.

Mari sama-sama kita jadikan Ramadhan kali ini menjadi ladang pahala atas perbuatan yang kita lakukan, mari sama-sama berburu pahala sebanyak mungkin. Semoga Allah senantiasa meridhoi setiap perbuatan kita. Aamiin.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 140