Klik NewsSosial Budaya

Wamendes: BUMDes yang Berhasil adalah yang Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengatakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berhasil adalah yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga setempat.

Hal tersebut dikatakan saat Meresmikan Gedung UMKM dan Pengukuhan Pengurus BUMDes Desa Puntukrejo, di Desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jumat (02/10/2020).

Menurut Arie, keberhasilan BUMDes tidak semata-mata dinilai dari besarnya omzet.
 
“BUMDes itu berhasil bila dia mampu berguna buat masyarakat desa. Kalau BUMDesnya maju, warganya nggak sejahtera nggak ada gunanya,” ujar Budi Arie.

Budi Arie mengatakan, pandemi covid-19 yang saat ini terjadi menjadi tantangan tersendiri bagi desa untuk dapat lebih berkembang. 

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan kreatifitas dan inovasi khusus agar desa tetap dapat beraktifitas di tengah pandemi.

“Pandemi covid-19 ini ujian sekaligus tantangan bagi kita semua. Kalau kita cerdas dan punya visi, pandemi ini bisa jadi tantangan bagi kita semua,” ujarnya.

Sebelum tiba di Desa Puntukrejo, Budi Arie juga berkunjung di Cafe TikTok Dusun Jatisari, Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar. 

Cafe ini merupakan inovasi warga desa setempat berupa cafe wisata dengan menyajikan pemandangan alam yang indah.

Dalam kunjungannya itu, Budi Arie mengapresiasi inovasi warga Dusun Jatisari tersebut. Ia berharap, inovasi serupa dapat diduplikasi oleh desa-desa lainnya.

“Saya harap ini (inovasi cafe wisata) bukan hanya di Jatisari. Tapi banyak desa di Indonesia yang menjadi contoh atau membangun destinasi wisata yang bisa dikunjungi masyarakat,” ujarnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,259

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *