EkonomiKlik News

Tingkatkan Dukungan Pembiayaan, Pemerintah Dorong UMKM Transformasi Ekonomi Berbasis Digital

KLIKSAJA.CO – Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan talenta digital dan digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai program dilakukan agar UMKM dapat mengikuti perkembangan proses digitalisasi dan dapat segera naik kelas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Webinar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) mengungkapkan bahwa indonesia harus dapat usia produktifnya dapat mengoptimaalkan peluang di era ekonomi digital.

“Peluang besar Ekonomi Digital Indonesia ini haruslah kita manfaatkan untuk kesejahteraan bersama. Apalagi Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif sangat besar yakni mencapai lebih dari 191 juta orang. Sebagian besarnya merupakan Generasi Z dan Generasi Milenial diharapkan dapat mengoptimalkan peluang digitalisasi di berbagai sektor,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar yang bertemakan “Digitalisasi UMKM: Daya Dorong Ekosistem Digital dan Demokratisasi Ekonomi Indonesia” Selasa (08/03/2022).

Airlangga juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan selalu mendukun UMKM untuk mengembangkkan ekosistem ekonomi digital untuk menyeimbangkan layanan melalui teknologi yang mampu mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik.

Baca juga :   Tekan Penularan PMK, Menko Airlangga : Perlu Pengawasan Lalu Lintas di Setiap Daerah

“Pemerintah akan terus mendukung UMKM sebagai sebuah ekosistem ekonomi digital yang sangat krusial. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung UMKM agar mampu bertahan, berkembang, dan tumbuh di tengah tantangan pandemi. Pemerintah juga berkomitmen melakukan transformasi beberapa instrumen kebijakan yang dapat memberikan manfaat optimal bagi UMKM,” kata Menko Airlangga.

Airlangga menambahkan bahwa pemerintah telah mengeluarkan beragam kebijakan yang berpihak pada UMKM, utamanya bagi mereka yang terdampak pandemi. Pada 2020, anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional untuk Dukungan UMKM terealisasi sebesar Rp121,20 triliun dan di 2021 dialokasikan sebesar Rp95,13 triliun.

“Berbagai dukungan pembiayaan seperti KUR, BPUM, Subsidi Bunga Non-KUR, dan lainnya akan terus dilanjutkan di tahun ini guna memastikan UMKM benar-benar pulih dan dapat naik kelas,” ujar Menko Airlangga.

Menutup sambutannya Airlangga mengatakan bahwa ransformasi Ekonomi Berbasis Digital juga menjadi salah satu dari 3 Agenda Utama Presidensi G20 Indonesia, selain Arsitektur Kesehatan Global dan Transisi Energi.
“Ketiga topik utama tersebut akan menjadi area kerja sama yang berpotensi menghasilkan rekomendasi kebijakan yang pro rakyat, lebih konkret, dan dapat diterapkan,” pungkas Menko Airlangga.

Baca juga :   Kemendag Targetkan Digitalisasi Sejuta Pedagang UMKM dan Seribu Pasar Rakyat

What's your reaction?

Related Posts

1 of 2.757