Klik NewsSosial BudayaSpecial Klik

Tinggalkan Camp Nou, Ini 7 Momen Terbaik Lionel Messi Bersama Barcelona

Lionel Messi dipastikan tidak lagi berseragam Barcelona untuk musim kompetisi 2021-2022. Hal ini setelah pihak klub mengumumkan kesepakatan dengan pemain terhalang oleh regulasi La Liga.

Pada Kamis (05/08/2021), seharusnya Messi dan Barcelona akan mengumumkan kontrak baru. Namun, hal itu batal karena aturan financial fair play.

“Demi mematuhi aturan financial fair play, Barca harus sepakat untuk menggadaikan sejumlah hak klub selama setengah abad. Ketika kami harus membuat keputusan, kami memutuskan tidak mau melakukan itu buat siapapun. Menggadaikan Barca selama setengah abad, tidak,” kata Presiden Barcelona Joan Laporta.

Kini, beberapa klub dikabarkan tengah mendekati Lionel Messi. Paris Saint-Germain adalah klub yang paling berpeluang untuk memboyong La Pulga. Finansial yang kuat dan keberadaan Neymar menjadi modal kuat PSG untuk memboyong Messi.

Redaksi kliksja.co telah merangkum tujuh momen terbaik Lionel Messi saat berseragam Blaugrana:

1. Gol Pertama Hasil Asist Ronaldinho

Tanggal 1 Mei 2005 menjadi momen tak terlupakan bagi sang maestro. Lionel Messi masuk pada menit ke-88 menggantikan Samuel Eto’o saat Barcelona menjamu Albacete.

Baca juga :   DPR RI Dorong Dibentuknya Komisi Perempuan di APA

Tiga menit kemudian, melalui umpan lambung Ronaldinho, Messi dengan tendangan lob berhasil menaklukkan penjaga gawang Albacete.

Foto Messi yang digendong Ronaldinho saat selebrasi gol seakan menjadi penanda transformasi seorang legenda nomor 10, yaitu dari Ronaldinho ke Messi.

2. Hattrick ke Gawang Real Madrid

El Clasico selalu menyimpan cerita bagi pemain, tak terkecuali bagi seorang Lionel Messi. Saat itu pada tanggal 10 Maret 2007, Lionel Messi mencetak hattrick ke gawang Real Madrid yang dikawal Iker Casillas.

Pada pertandingan tersebut, Real Madrid sebenarnya unggul tiga kali. Namun Messi tiga kali pula membalas gol yang dicetak Ruud van Nistelrooy (2) dan Sergio Ramos.

Satu gol dari Messi yang akan selalu diingat adalah gol yang dicetak pada menit ke 90+1 memanfaatkan umpan Ronaldinho.

3. Gol ke Gawang Getafe

Lionel Messi kerap dianggap sebagai titisan legenda Diego Armando Maradona. Sama-sama berpostur mungil, lincah dan berkekekuatan kaki kidal.

Satu momen yang semakin menguatkan hal itu adalah gol Messi ke gawang Getafe. Gol itu dicetak Messi melalui proses yang sangat mirip dengan gol yang dicetak Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986.

Baca juga :   Orasi di Hadapan Apdesi, Anggota Baleg Terima Audiensi Demonstran

Saat itu Messi membawa bola dari tengah lapangan. Ia melewati lima pemaing Getafe termasuk penjaga gawang. Publik pun menyebutnya sebagai Gol Maradona-esque.

4. Gol Melawan MU di Final Liga Champions

Final Liga Champions musim 2008/2009 akan menjadi momen yang selalu diingat Lione Messi. Gol yang dicetak pada menit ke-70 melalui sundulan kepala adalah alasan penguatnya.

Dalam sebuah wawancara, Messi mengaku tidak menyangka mencetak gol melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan Xavi Hernandez.

“Sulit membayangkannya, saya bisa mencetak gol dengan kepala saat ada Ferdinand berada di dekat saya. Namun, saya tidak mendapatkan penjagaan yang ketat,” katan Messi, dikutip dari FourFourTwo.

5. Balon d’Or terbanyak

Lionel Messi adalah peraih terbanyak Ballon d’Or, sebuah penghargaan untuk pemain terbaik dunia yang diberikan majalah olahraga asal Perancis, France Football.

Sepanjang karirnya, Messi telah meriah enam gelar Ballon d’Or, satu kali lebih banyak dari Cristiano Ronaldo. Messi juga menjadi satu-satunya pemain yang berhasil meraih Ballon d’Or empat kali secara beruntun. 

Baca juga :   Kurangi Angka Stunting dan Kematian Ibu, Komisi VIII Komitmen Selesaikan RUU KIA

6. Lima Gol dalam Satu Laga di Liga Champions

Dalam sejarah Liga Champions, hanya sedikit pemain yang berhasil menetak lima gol dalam satu laga. Dari sedikit itu, Lionel Messi adalah salah satunya. Hal itu ia ciptakan saat menghadapi Bayer Leverkusen pada 8 Maret 2012.

Lima gol itu sekaligus mengantarkan kemenangan Barcelona 7-1 atas Bayer Leverkusen.

7. Top Score La Liga Sepanjang Sejarah

Sepanjang karir bersama Barcelona, Messi telah mencetak 474 gol dari 520 pertandingan di Liga Spanyol. Jumlah gol itu sekaligus menjadi yang terbanyak dalam sejarah La Liga.

Selain sebagai pencetak gol terbanyak, Messi juga peraih gelar El Pichichi (Top Score) terbanyak, yakni delapan kali. Ia melewati rekor Telmo Zarra, yang meraih enam kali gelar El Pichichi.

Gol ke gawang Celta Vigo pada 16 Mei 2021 menjadi gol terakhir Messi berseragam Barcelona. Dalam pertandingan itu, Barcelona kalah 2-1 dari Ceta Vigo. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,596