Sosial Budaya

HMI Komisariat FMIPA-FIK UNJ Sukses Gelar Pelatihan Penulisan Proposal Bisnis

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FMIPA-FIK sukses menggelar Pelatihan Penulisan Proposal Bisnis di Jakarta pada Kamis (17/11/2022).

Kegiatan tersebut digelar bekerja sama dengan Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri, dan CAFOI.

Sebagai narasumber, hadir Founder Ecomoslem.id Meriana Yahya. Dalam paparannya, ia mengajak mahasiswa untuk berani terjun ke bidang wirausaha dan memiliki keterampilan dalam membuat proposal bisnis.

Keterampilan dalan membuat proposal bisnis itu dapat digunakan sebagai bekal mahasiswa untuk mengikuti program mahasiswa wirausaha yang biasanya diadakan oleh kampus atau instansi pemerintah.

Setelah itu, yang tak kalah penting adalah menguatkan motivasi diri untuk terjun ke dunia wirausaha.

“Untuk mengikuti program mahasiswa wirausaha kita harus punya niat dan komitmen bersama. Sudah terlalu banyak publikasi paper yang berfokus untuk menyelesaikan sebuah masalah, tapi kita jarang berfikir bahwa ide-ide dari paper itu bisa dikomersialkan, dengan tujuan untuk dikembangkan serta berkontribusi untuk sesama,” ucap Meriana.

“Jangan cuma pengen didanai saja, atau mau juara buat nambah CV tapi betul betul untuk berwirausaha,” lanjutnya.

Baca juga :   Penyakit HMI dari Masa ke Masa

Lebih lanjut, Meriana menyampaikan langkah awal mencari ide bisnis dengan melihat masalah di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan secara komersial, seperti pemanfaatan limbah.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal Bisnis ini diikuti oleh 40 peserta. Peserta terdiri dari mahasiswa yang kuliah di UNJ, STEBANK, Trisakti, STEI Rawamangun dan  UBSI. Beberapa dari mahasiswa tersebut tinggal di Asrama Sunan Giri dan Asrama Darul Qur’an. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 951

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *