Klik NewsPolitik

Presiden Jokowi: Petani harus Jadi Profesi yang Menarik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar petani menjadi profesi yang menjanjikan dan menarik bagi para generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan program mencetak 2.000 petani milenial dan andalan nasional, pada Jumat (06/08/2021).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan profesi petani didominsi oleh orang tua, yaitu berumur 45 tahun ke atas.

“Saat ini total petani Indonesia sebanyak 71 persen berusia 45 tahun ke atas sedangkan yang di bawah 45 tahun sebanyak 29 persen,” kata Presiden.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menyambut baik program dari Kementerian Pertanian (Kementan) dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pertanian.

Ke depan, kata Presiden, petani dan kelompok tani diharapkan dapat menggarap sektor hulu hingga hilir, baik on-farm maupun off-farm, yakni meliputi pengolahan pasca panden, sampai ke kemasan dan perdagangan produk sehingga produk pertanian bisa dilakukan lintas negara.

Dengan demikian, lanjut Presiden, petani memiliki peluang memperoleh pendapatan yang lebih besar.

Baca juga :   Jelang Lebaran, Presiden Jokowi Pantau Stok dan Harga Bahan Pokok di Pasar Rakyat Merangin

“Kita harus tahu persaingan produk pertanian sekarang sudah lintas negara. Petani Indonesia harus kompetitif dalam ketrampilan teknis, pemanfaatan model bisnis, model bisnis dan manajemennya,” kata Presiden Jokowi. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,260