Politik

Manifesto Jakarta, Dukungan Alumni HMI untuk Anies Baswedan sebagai Presiden RI 2024-2029

Sejumlah alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tergabung dalam Keluarga Besar Alumni Mahasiswa Islam menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

Dukungan itu dituangkan dalam bentuk manifesto yang dibacakan oleh Tamsil Linrung pada acara Silaturahmi Nasional Keluarga Besar Alumni Himpunan Mahasiswa Islam di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah mantan penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua, Eggi Sudjana, Zulkifli Hakim, Hanafi Saleh, dan Abdul Aziz Kahar Muzakkar.

“Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim kita memperjuangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029,” ucap Tamsil dalam Manifesto Jakarta.

Anies sendiri dalam kesempatan tersebut tidak bisa hadir. Pada saat bersamaan, ia menghadiri rangkaian kegiatan G20 di Bali. Dia pun dijadwalkan menjadi pembicara di forum international tersebut.

“Anies tak bisa turut bersama kita pada kesempatan ini karena menghadiri acara G20 di Bali dan dijadwalkan berpidato di forum internasional tersebut,” kata Tamsil sebelum pembacaan manifesto.

Baca juga :   UAI Klarifikasi Berita Koran Tempo Terkait Saksi Ahli

Meski demikian, Anies masih sempat menyampaikan sambutan dalam bentuk video rekaman. Dalam sambutannya itu, Anies mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh para alumni HMI.

“Gagasan, ide, yang nanti akan diutarakan dalam silaturahmi nasional ini, insya Allah menjadi bekal dalam kita mengarungi perjalanan,” ucap Anies.

Berikut isi dari Manifesto Jakarta.

Atas dasar keyakinan kepada Allah SWT yang maha perkasa dan maha pemurah, alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dengan segenap potensi sumber daya yang dimiliki, berpendirian bahwa dalam rangka memperjuangkan kedaulatan dan kemandirian bangsa demi tercapainya kesetaraan dan kesejahteraan sosial yang beradab, pemenuhan rasa keadilan publik dalam sistem hukum yang mengayomi, maka dengan ini alumni HMI menyatakan akan mengambil peran utama dalam menentukan arah bangsa.

Karena kita adalah putra-putri Indonesia yang terlahir dan hidup merdeka. Kita adalah bangsa pemberani yang teruji dan tangguh melawan penjajahan, merebut dan mempertahankan kemerdekaan, maka hari ini kita menegaskan komitmen untuk melunasi janji-janji kemerdekaan.

1. Kita adalah generasi yang selalu bergerak untuk perubahan dan kemajuan, berfikir dan berkehendak merdeka, karena sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak asasi setiap manusia di muka bumi, maka kita tampil ke depan memastikan jaminan terpenuhinya kedaulatan rakyat dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa.

2. Kita adalah bangsa petarung yang selalu disiapkan menjadi bumi pertiwi tetap merdeka dan berdaulat. Setiap jengkal tanah bangsa adalah warisan para pendahulu kita yang harus dipertahankan dengan pengorbanan dan jiwa raga, maka kita tampil terdepan menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa dari Sabang sampai Merauke.

3. Kita memperjuangkan reformasi demi mewujudkan demokrasi sejati sebagai sarana untuk menjamin kebebasan politik rakyat, maka kita tampil terdepan memastikan ruang kebebasan dan partisipasi politik terbuka seluas-luasnya, mendorong anak-anak bangsa yang terbaik tampil melanjutkan kepemimpinan nasional.

4. Kita memperjuangkan demokrasi yang matang, menghormati segala perbedaan, mengedepankan kejujuran demi menghasilkan pemimpin yang berkualitas, maka kita tampil terdepan membangun demokrasi substantif yang mampu mewujudkan cita-cita nasional.

5. Kita memperjuangkan hadirnya pemimpin nasional yang amanah, yang mampu mewujudkan kesejahteraan, dan mendistribusikan keadilan sosial. Pemimpin nasionalis yang religius, mencintai dan dicintai rakyatnya, pemimpin yang mampu memajukan Indonesia, menjaga keragaman dan mengerakkan perubahan. Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim kita memperjuangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Di bawah naungan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, mari kita rapatkan barisan perjuangan, berperan aktif mengambil tanggung jawab, bergerak dengan kebulatan tekad dalam harmoni dan sinergi yang energik.

Tegaklah, pikullah amanah ini di atas pundakmu. Maju Indonesia raya, bahagia rakyatnya.

Jakarta, 12 November 2022. (*)

Baca juga :   Kawasan Kuliner Halal Masjid Jami' Matraman
Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 617

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *