Klik NewsPolitik

Pidato Jokowi di KTT ASEAN-RRT: Dorong Kolaborasi Indo-Pasifik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong konsep Indo-Pasifik dengan mengedepankan kolaborasi dalam KTT ASEAN-RRT. Hal disampaikan Jokowi dalam pidato Konferensi Tingkat Tinggi ke-22 Indo-Pasifik di Impact Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand, Minggu (03/11/2019).

“Pada bulan Juni lalu, ASEAN telah mengesahkan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Outlook ini mendorong seluruh negara di kawasan untuk mengedepankan kolaborasi dan menanggalkan rivalitas,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan selama hampir tiga decade, kemitraan ASEAN-RRT telah menjadi lokomotif perdamaian dan stabilitas di kawasan. ASEAN-RRT memiliki komitmen yang sama untuk memastikan stabilitas dan perdamaian sebagai kunci kesejahteraan.

Presiden Jokowi berharap ASEAN Outlook Indo-Pacific dapat terus mendorong stabilitas, keamanan, dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.

ASEAN, menurut Jokowi, terbuka untuk bekerja sama dengan RRT dalam kerangka ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, yang salah satunya memfokuskan kerja sama konektivitas dan infrastruktur.

“Kolaborasi membangun konektivitas dan infrastruktur adalah kebutuhan yang mendesak antara ASEAN dan RRT,” kata Presiden Jokowi

Baca juga :   BKSAP Dukung Aksi ‘Walk Out’ Menlu Retno Menentang Israel di DK PBB

Menurut Jokowi, pengembangan konektivitas dan infrastruktur penting dilakukan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi termasuk pengembangan pusat pertumbuhan baru di kawasan Indo-Pasifik.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan sinergi Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC) 2025 dan Belt and Road Initiative (BRI) menjadi sebuah keniscayaan.

Indonesia juga berencana untuk menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum pada 2020.

“Kami mengundang RRT baik pemerintah maupun sektor swasta, untuk dapat hadir pada Forum tersebut,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu,saat berbicara pada sesi Pleno KTT Ke-35 ASEAN pada Sabtu (2/11), Presiden Joko Widodo juga mengajak pemimpin negara-negara ASEAN menguatkan kerja sama dan bekerja keras melindungi stabilitas dan kesejahteraan di kawasan dengan mengkonkretkan implementasi “outlook” tentang Indo-Pasifik.

“Outlook” tersebut merupakan cara pandang ASEAN untuk menjadikan kawasan Indo-Pasifik menjadi kawasan stabil, damai, dan sejahtera.

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,257