Klik News

Perkuat Komunitas Digital ASEAN, Kominfo Tekankan Empat Transformasi Digital Inklusif

KLIKSAJA.CO – Dalam upaya mendukung pengembangan komunitas digital di kawasan Asia Tenggara Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika menekankan empat aspek percepatan transformasi digital yang inklusif.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi.

“ASEAN (Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara) merupakan realitas yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Dalam mendukung perwujudan komunitas digital ASEAN, Pemerintah Indonesia menekankan pada 4 aspek percepatan transformasi digital. Mulai dari perencanaan strategis, konektivitas, pemanfaatan data, hingga kerja sama luar negeri,” jelasnya saat memberikan sambutan dalam Konferensi Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara – Universitas Gadjah Mada (UGM ASEAN Conference) 2022, secara virtual dari Jakarta Pusat, Sabtu (04/06/2022).

Pertama aspek perencanaan strategis, Stafsus Dedy Permadi menyatakan Kementerian Kominfo telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024.

“Peta jalan ini menjadi panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat, dan merata,” tegasnya.

Adapun aspek kedua berkaitan dengan konektivitas. Pemerintah RI terus mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata.

“Untuk menutup kesenjangan digital serta meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah,” tandas Dedy Permadi.

Menurut Stafsus Menteri Kominfo Bidang Digital dan SDM, pemanfaatan data menjadi aspek ketiga dalam percepatan transformasi digital di Indonesia.

“Peningkatan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari harus selalu memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data,” ujarnya.

Mengenai aspek keempat, Dedy Permadi menyebutnya sebagai aspek strategis kerja sama luar negeri.

“Termasuk posisi Indonesia dalam isu transformasi digital di kawasan konsisten dengan posisi Presidensi G20 Indonesia tahun ini,” ungkapnya.

Pemerintah RI proaktif mendukung berbagai kerangka kerja sama yang mendorong pelembagaan transformasi digital di kawasan Asia Tenggara. Menurut Dedy Permadi, Indonesia sebagai salah satu negara anggota dan pendiri ASEAN terus berkontribusi dalam berbagai proses pelembagaan di level.

“Dukungan pelembagaan ini salah satunya melalui keterlibatan Indonesia dalam penyusunan ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation,” tuturnya.

Dalam salah satu pernyataan bersama yang digagas pada 2021, Indonesia berfokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan integrasi ekonomi digital di Asia Tenggara.

“Indonesia tetap akan menjadikan isu ini sebagai salah satu prioritas dalam kepemimpinannya di tahun depan. Harapannya Indonesia dapat menginspirasi negara anggota ASEAN dalam pemulihan ekonomi regional dan dunia, melalui transformasi digital,” jelas Dedy Permadi.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,259

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *