Klik NewsPolitik

Partai Demokrat Tidak Pernah Ada Tanpa SBY

Salah satu pendiri Partai Demokrat, Wayan Sugiana menegaskan bahwa Partai Demokrat tidak akan pernah ada tanpa kehadiran sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Wayan mengatakan pernyataan ini juga dikemukakan sejumlah pendiri dan deklarator menanggapi tuduhan bahwa SBY tidak berkeringat dalam mendirikan Partai Demokrat.

“Saya mau membantu pendirian Partai Demokrat tahun 2001 ya karena ada tokoh. Tokoh itu ya pak SBY, kalau bukan karena pak SBY, tidak ada Partai Demokrat. Saya tidak akan ada di situ,” kata Wayan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (04/03/2021).

Selain sebagai salah satu pendiri partai, Wayan juga merupakan salah satu Wasekjen dalam kepengurusan periode pertama.

Dalam keterangannya, dia mengaku benar-benar berkeringat memenuhi persyaratan administrasi untuk verifikasi parpol agar Partai Demokrat bisa mengikuti pemilu 2004.

Waktu itu, kata dia, Undang-undang Pemilu mensyaratkan verifikasi fisik di seluruh DPD provinsi dan sebagian besar DPC kabupaten kota.

“Saya harus bekerja keras meyakinkan orang-orang untuk mau bergabung dengan PD dan harus saya akui faktor utama yang bisa meyakinkan mereka adalah keberadaan pak SBY. Tidak ada PD, tanpa Pak SBY,” katanya.

Wayan menambahkan Semula pihaknya merancang lambang Partai Demokrat berbentuk segi empat, tapi pak SBY bersikeras menggunakan lambang segitiga dengan warna yang seperti sekarang.

“Walaupun pada saat itu warna-warna itu sulit direproduksi. Pak SBY meyakinkan kami untuk memakai lambang tersebut,” ucapnya.

Tokoh pendiri lainnya, Steven Rumangkang mengatakan dirinya masih mengingat, almarhum Vence Rumangkang yang mengatakan bahwa nama Partai Demokrat berasal dari SBY dalam diskusi mereka di Cikeas Agustus 2001.

Steven Rumangkang, merupakan putra mendiang Vence Rumangkang, tokoh penting yang membidani lahirnya partai Demokrat.

“Mendiang papa kemudian menyiapkan segala persyaratan administratif untuk memenuhi pendirian partai di kantornya, sementara pak SBY membuat logo, bendera dan mars Partai Demokrat,” kata Steven.

Sebagai pendiri nomor 99, Steven kini memimpin forum komunikasi pendiri dan deklarator Partai Demokrat.

“Saya tahu pasti bahwa Partai Demokrat pada dasarnya dilahirkan oleh pak SBY dan mendiang Vence Rumangkang,” kata Ifan Pioh, salah satu pendiri Partai Demokrat lainnya yang juga sekretaris pribadi mendiang Vence Rumangkang.

Syarat mendirikan partai sebenarnyan kata Ifan cukup akta pendiriannya ditandatangani 50 orang saja.

“Tapi, untuk menghormati pak SBY, maka dijadikan 99, menandakan 9 September, hari ulang tahun pak SBY, sekaligus hari ulang tahun Demokrat,” kata dia

Dia melanjutkan, dari 99 orang ini, 53 memberikan kuasa, 46 sisanya hadir di kantor notaris. Jadi menurut Ifan gagasan dasar, nama, lambang dan mars Partai Demokrat semuanya berasal dari SBY.

“Jadi tidak mungkin ada PD tanpa pak SBY,” tegasnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,259

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *