HeadlineKlik NewsSosial Budaya

Kasus COVID-19 Meningkat, Pemerintah Tetap Lanjutkan PTM

Di tengah meningkatnya kasus COVID-19, pemerintah tetap melanjutkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI Abetnego Tarigan mengatakan PTM tetap dilanjutkan dengan pengawasan ketat dan memprioritaskan kesehatan anak.

“Tentu kesehatan peserta didik menjadi prioritas, dan KSP akan mendorong satuan unit pendidikan melalui kementerian/lembaga terkait untuk melakukan pemeriksaan surveillance terhadap warga sekolah secara acak dan rutin. Ini butuh kerja sama antara sekolah, dinas pendidikan, dan dinas kesehatan,” ujar Abetnego melalui siaran pers yang diterima, di Jakarta, Selasa (25/01/2022).

Abetnego mengatakan, mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, pelaksanaan PTM dengan kapasitas 100 persen menyesuaikan level PPKM di setiap daerah.

Artinya, lanjutnya, semakin tinggi risiko COVID-19 maka semakin tinggi level PPKM, dan kebijakan PTM pun semakin mengarah ke daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Dalam SKB 4 Menteri itu, jika suatu daerah dinyatakan level 3 maka satuan pendidikan boleh melaksanakan PTM terbatas atau online. Nah selama belum ada level 3, PTM 100 persen tetap jalan tentunya dengan prokes ketat ya,” jelasnya.

Baca juga :   Pemerintah Diwanti-wanti Pastikan KPPS Pemilu 2024 Terproteksi BPJS Ketenagakerjaan

Abetnego meminta kepada orang tua atau wali murid untuk tidak panik secara berlebihan, terutama saat kasus COVID-19 varian Omicron tinggi seperti saat ini.

“Memang orang tua harus waspada tapi jangan panik berlebih, karena yang namanya pendidikan juga penting. Bagaimanapun juga kualitas belajar secara tatap muka jauh lebih baik ketimbang online,” ujar Abetnego.

Kasus COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir ini. Hingga Senin (24/01/2022), jumlah total kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 4.289.305. Jumlah tersebut bertambah 2.927 kasus dari hari sebelumnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,483

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *