HeadlineKlik NewsSosial Budaya

Jelang Hari Raya Idulfitri, Pemerintah Percepat Penyaluran Dana Bansos

KLIKSAJA.CO – Pemerintah semakin menggencarkan distribusi bantuan sosial jelang libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Percepatan ini dilakukan untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya.

Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, saat meninjau penyaluran bansos di Kantor Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (16/04/2022).

Berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo, khusus hari Lebaran, penyaluran bantuan sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng langsung dirapel sekaligus tiga bulan dari April-Mei yang dibayarkan pada bulan April.

Masing-masing bansos yang dipercepat penyalurannya yakni BPNT senilai Rp600 ribu atau Rp200 ribu per bulan dan BLT Minyak Goreng senilai Rp300 ribu atau Rp100 ribu per bulan. Penyaluran ini dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

“Jadi untuk tiga bulan ke depan diberikan untuk bulan April sekaligus. Sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami konstraksi yang berlebihan. Karena itu ini segera kita bantu terutama untuk menyambut Idulfitri,” kata Menko Muhadjir.

Ia menyebut, bahwa penyaluran bansos di Kecamatan Medan Belawan sudah berjalan dengan baik. Menko Muhadjir meminta agar percepatan penyaluran bansos ini tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu yang mengambil keuntungan sepihak.

Misalnya, jelas Menko Muhadjir, mengklaim bahwa dia yang mengusahakan turunnya bansos kemudian minta bagian dari yang diterima warga. Karena ini adalah untuk mereka yang tidak mampu.

Ia pun mengingatkan untuk tidak mengambil hak orang yang tidak mampu. Karena melanggar peraturan undang-undang maupun agama.

“Kami berharap penyaluran bansos berjalan lancar dan bisa selesai sebelum masa libur hari Lebaran. Kalau ini bisa dilakukan, maka apa yang menjadi target dari pemerintah akan terpenuhi,” kata Menko Muhadjir.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,483

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *