Klik NewsPolitik

Indonesia Masih Kaji Vaccinated Travel Lanes

Pemerintah masih mengkaji keikutsertaan Indonesia dalam  perjalanan “Vaccinated Travel Lanes” (VTL) dengan sejumlah negara.

Vaccinated Travel Lanes merupakan konsep pariwisata untuk pejalan atau pelancong yang sudah mendapatkan dosis lengkap vaksin dan bisa membuktikannya dengan sertifikat vaksin

“Kajian terhadap Vaccinated Travel Lanes terus dilakukan, namun pemerintah terus memonitor tingkat kasus di berbagai negara,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Airlangga mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sudah memerintahkan kepada jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk memperhatikan dengan seksama ketentuan dari kunjungan wisatawan mancanegara.

Pemerintah, kata dia, akan memantau kondisi pandemi COVID-19 di sejumlah negara sebelum melakukan kesepakatan perjalanan pariwisata dengan beberapa negara.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan saat ini kasus COVID-19 di Indonesia berada pada posisi yang lebih baik dibandingkan negara-negara lain.

Data yang dipaparkan Airlangga menunjukkan kasus COVID-19 di Indonesia sebanyak 1 kasus per 100.000 penduduk. Sedangkan di Thailand terdapat 89 kasus per 100.000 penduduk, Singapura 454 kasus per 100.000 penduduk, Malaysia 127 kasus per 100.000 penduduk, dan Australia 51 kasus per 100.000 penduduk.

Baca juga :   Bantuan Pangan Menjadi Upaya Pemerintah Menopang Daya Beli Masyarakat

Jika dirinci berdasarkan data terkini per 14 November 2021, kasus aktif COVID-19 di Indonesia sebanyak 9.018 kasus. Sementara penambahan kasus harian pada tanggal tersebut sebanyak 339 kasus.

Sebelumnya, Indonesia berencana melakukan kesepakatan untuk membuka koridor perjalanan bersama dengan sejumlah negara, di antaranya Malaysia. Kedua pemimpin negara yakni Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob telah melakukan pembicaraan bilateral mengenai pembukaan jalur pariwisata. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,259

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *