Info KlikersKlik NewsPendidikan

HUT Ke- 77 RI : Logo 17 Agustus 2022 Sudah di Resmikan, Simak Arti Visualisasi dan Filosofinya!

Logo Resmi 17 Agustus 2022 Menjadi identitas HUT RI Ke-77. Sebagai peringatan Ke- 77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah telah meresmikan logo 17 Agustus 2022 pada Senin (25/5/2022). Lantas, seperti apa arti dari visualisasi dan filosofinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Filosofi Logo Resmi HUT RI ke- 77 (17 Agustus 2022 )

Di kutip dari laman kementerian sekretariat negara republik Indonesia ( Kemensetneg) yang telah mempublikasikan logo resmi 17 Agustus 2022 pada tanggal 12 Juli 2022 lalu. Pada peringatan Ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia terdapat tema besar, ” pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”.

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran menteri sekertaris negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang di keluarkan pada tanggal 12 Juli 2022. Di dalam surat edaran tersebut bukan hanya terdapat peresmian logo dan tema saja, akan tetapi ada ajakan seluruh pihak untuk berpartisipasi menyemarakkan dan merayakan peringatan hari ulang tahun (HUT) KE- 77 RI. 

Logo Resmi peringatan HUT RI ke-77 mempunyai dua variasi warna yaitu, merah dan putih.

Di kutip dari pedoman identitas visual 77 Tahun kemerdekaan Indonesia terdapat karakter visual yang menggambarkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapinya tantangan global. Hal tersebut merupakan perwujudan harapan untuk bersama ” pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat” menunju Indonesia maju.

Baca juga :   Gelar Seminar Strategi Layanan Informasi di Era Global, Perpustakaan DPR Perkuat Kolaborasi di Kancah Internasional

Filosofi yang terkandung dalam logo peringatan HUT RI ke-77 diantaranya:

1. Dua panah ke atas

Pada gambar bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua anak tangga

Pada bagian Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor Indonesia.

3. Bagian atas terpotong

Pada bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi Dunia.

4. Garis miring dan sudut runcing

Pada bagian yang berbentuk garis miring dam sudut runcing , yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua garis melengkung

Pada bagian yang berbentuk Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia maju.

Baca juga :   Jangan Ada Sekolah yang Tertinggal Karena Belum Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

6. Sudut penghubung

Pada bagian yang berbentuk sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang di hadapi dunia.

7. Siluet angka 1

Pada bagian yang berbentuk siluet angka 1 melambangkan semangat persatuan bhineka tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat dan bersatu.

Pada logo resmi peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang berbentuk angka 77, juga tertulis tema besar HUT kemerdekaan RI ke-77 yang berada di samping kanan angka 77. Logo Resmi HUT RI ke-77 dan tema HUT kemerdekaan secara visual tergabung menjadi slogan hari kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Makna tema besar HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 ke- 77

Makna tema besar HUT kemerdekaan RI ke-77 ” pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat” di latar belakangi oleh peristiwa yang menghadapi tantangan dan ujian sejarah yang menimpa Indonesia selama dua tahun ini, yang berdampak pada kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang sangat berat di rasakan oleh masyarakat Indonesia di seluruh tanah air. Namun, di tengah keterpurukan, semua elemen negara bangsa bergerak bersama dan bergotong-royong untuk mewujudkan harapan.

Baca juga :   Ahmad Doli: Pemilu Dinyatakan Berhasil Jika Empat Capai Indikator

Kinerja pemerintah dan gerakan masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai kecepatan pemulihan kondisi di berbagai sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global. Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 ini menerapkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan bhinneka tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Makna Identitas Visual Logo Resmi HUT RI ke -77

Adapun makna dari identitas visual logo resmi HUT RI ke-77 berdasarkan tema, sebagai berikut:

1. Semangat Bangkit

2. Bersinergi

3. Harapan Baik

4. Pulih Bersama

5. Kuat

6. Persatuan Bangsa

7. Percepatan

Demikian uraian tentang Identitas Visual dan Logo Resmi HUT RI ke-77. Mari bersama-sama menyemarakkan dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,759

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *