EkonomiHeadlineRegionalSpecial Klik

Papua Miliki Harta Karun Gunung Emas Baru Blok Wabu yang Miliki Sumberdaya Emas 8,1 Juta ons

Papua saat ini memiliki gunung emas baru Blok Wabu, blok  ini merupakan bekas lahan tambang PT Freeport Indonesia yaitu Blok B. Blok Wabu memiliki sumberdaya emas sangat tinggi yaitu sebesar 8,1 juta ons. 

Gunung emas ini bisa menjadi salah satu sumber “harta karun” tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya, jumlah sumber daya emas yang ada di blok ini tak main-main, yakni mencapai 8,1 juta ons.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir beberapa saat yang lalu mengungkapkan harapannya agar emas blok wabu jatuh ke PT Aneka Tambang. (16/04/2022).

Erick Tohir sempat mengungkapkan harapannya agar salah satu blok emas di Papua, yakni Blok Wabu, jatuh ke tangan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Erick saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR tahun lalu mengungkapkan bahwa dirinya telah mengirim surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif agar Antam bisa mengelola bekas lahan tambang PT Freeport Indonesia tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM no 7 tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan, dan Pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara, pada pasal 1 ayat 7 disebutkan bahwa Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral Logam Termasuk Mineral Ikutannya yang selanjutnya disebut WIUP Mineral Logam adalah bagian dari WUP Mineral Logam yang diberikan kepada badan usaha, koperasi, dan perseorangan melalui lelang.

Lelang adalah cara penawaran WIUP dan WIUPK dalam rangka pemberian IUP Eksplorasi. IUP Operasi Produksi, IUPK Eksplorasi, dan/atau IUPK Operasi Produksi mineral logam dan batu bara.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,658

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *