Global ReviewInternasionalKlik News

Cina Rayakan Tahun Baru, Harapannya Tahun Kerbau Dapat menangkal Covid-19

Menjelang Imlek, orang Cina biasanya berbondong-bondong mencari Zodiak Cina atau yang sering dikenal dengan sebutan Shio. Hal demikian dilakukan untuk melihat peruntungannya sepanjang tahun.

Dalam Shio atau zodiac Cina, ada 12 representasi hewan yang digunakan untuk memprediksi masa depan. Representasi hewan ini juga digunakan untuk melihat peruntungan seseorang berdasarkan tahun lahirnya.

Kebiasaan mencari Shio ini sebenarnya sudah dikenal dalam tradisi Cina sejak 500 tahun sebelum Masehi. Kebiasaan ini menjadi budaya yang dilestarikan dan dilanggengkan sampai hari ini.

Jumat, 12 Februari dalam sistem kalender lunar Cina menandai Tahun Baru Imlek dan awal tahun kerbau atau lembu logam. Hewan, dalam zodiak Cina, melambangkan energi. Di Beijing, banyak yang berharap tahun kerbau ini akan membantu melupakan Tahun Tikus dan pandemi Covid-19.

Pada tahun 2021, secara sentimental, mereka yang lahir di bawah tanda Kerbau penuh kedamaian, ketenangan dan kesejahteraan dalam hubungan dengan pasangan maupun hubungan bisnis lain.

Tahun ini kemudian ditafsirkan oleh orang-orang Cina di Beijing sebagai tahun harapan akan terlepas dari pandemi Covid-19.

“Tahun Kerbau ini adalah tahun agung, hanya terjadi setiap 60 tahun,” jelas Zhang Xiaotian, peramal Shio. “Mulai April akan ada beberapa tanda keberuntungan. Tahun lalu juga, tikus itu luar biasa, tetapi negatif. Pada tahun 1960, banyak orang meninggal karena kelaparan di Tiongkok. Sama halnya dengan perang 120 tahun lalu. “

“Jika tahun lembu adalah tahun batu loncatan sebelum keluar dari krisis kesehatan, itu juga tahun upaya, pekerjaan yang ditemukan kembali. Dan para migran Cina tahu sesuatu tentang itu,” lanjutnya.

“Tahun Kerbau adalah tahun di mana saya tidak akan pulang untuk Tahun Baru Imlek,”  kata seorang karyawan pengantar barang, yang seperti banyak orang lebih suka melupakan liburan musim semi karena pandemic Covid-19.

 

Penulis: Stéphane Lagarde

Penerjemah: Abdul Aziz

Sumber: https://www.rfi.fr/fr/asie-pacifique/20210211-La Chine fête son Nouvel an espérant que l’année du bœuf écarte le Covid-19

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,284