HeadlineKlik News

Rilis Data Pemberangkatan Jemaah Haji, 5.945 jemah Haji Sudah Bertolak ke Arab Saudi

KLIKSAJA.CO – Hari kedua operasional penyelenggaraan ibadah haji, sekitar 3.169 jemaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka tergabung dalam delapan kelompok terbang (kloter) dari lima embarkasi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ahmad Abdullah saat memberikan keterangan persnya.

“Pada hari pertama, ada 2.763 jemaah dari lima embarkasi yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Jadi total jemaah yang diberangkatkan sampai hari ini sebanyak 5.945 orang,” terang Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ahmad Abdullah saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (05/06/2022).

Dikatakan Abdullah, pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama, jemaah akan mendarat di Bandar Udara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka akan menetap di Madinah dengan masa tinggal antara 8 -9 hari untuk menjalakan ibadah Arbain. Yaitu, Salat Wajib berjamaah dalam 40 waktu di Masjid Nabawi.

Baca juga :   Balitbang Diklat Diminta Jadi Motor Penggerak Kinerja Satker Kemenag

“Selama di Madinah, selain berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi, jemaah juga akan mendapatkan paket ziarah ke berbagai tempat bersejarah seperti makam Baqi, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud,” terang Abdullah.

“Setelah menyelesaikan Arbain, jemaah akan diberangkatkan menuju kota Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib dengan mengambil miqat di Bir Ali,” sambungnya.

Untuk jemaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua, lanjut Abdullah, mereka akan mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Selanjutnya, mereka menuju Makkah untuk melakasanakan ibadah umrah wajib.

Abdullah juga menyampaikan bahwa ada satu jemaah haji Indonesia yang wafat setibanya di Madinah. Jemaah tersebut bernama Suhati Rahmat Ali Binti H. Rahmat dengan Nomor Paspor C6495065 dan berusia 64 tahun. Almarhumah tergabung dalam Kloter JKG1 yang berangkat dari embaraksi Jakarta-Pondokgede.

“Mari kita doakan semoga almarhumah wafat dalam keadaan khusnul hatimah dan ibadahnya diterima Allah Swt. Amin,” harap Abdullah.

Baca juga :   Menag Minta Penyiapan Layanan Haji Harus Detail dan Berorientasi Jemaah

“Pemerintah hanya akan merilis data jemaah wafat yang telah keluar COD-nya (Certificate of dead) dari pihak berwenang. Seluruh jemaah yang wafat di Arab Saudi akan dibadalhajikan,” lanjutnya.

Penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M bertepatan dengan musim panas. Menurut Abdullah, kondisi cuaca rata-rata di Arab Saudi pada hari ini berkisar antara 30⁰C – 43⁰C dengan kelembaban rata-rata 8%. Jemaah diimbau untuk tidak banyak beraktivitas di luar ruangan mengingat suhu udara di Arab Saudi cukup panas.

“Jemaah haji kami harap selalu menerapkan protokol kesehatan, makan dan minum tepat waktu dan beristirahat yang cukup,” pesannya.

“Keluarga jemaah haji di Indonesia juga diharapkan dapat mengingatkan para jemaah, baik yang sudah berangkat ke Arab Saudi maupun yang masih di Tanah Air,” tandasnya.

Mewakili Kementerian Agama, Abdullah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, antara lain: Bapak Presiden RI, Pimpinan DPR-RI, Kementerian/Lembaga terkait penyelenggaraan ibadah haji, Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan Kemenag Kab/Kota, para Gubernur, Bupati/walikota, dan pihak lainnya, atas kerjasama, koordinasi, dukungan, saran dan masukannya, sehingga operasional haji tahun ini dapat terlaksana.

Baca juga :   Gelar Seminar Strategi Layanan Informasi di Era Global, Perpustakaan DPR Perkuat Kolaborasi di Kancah Internasional

Jumpa pers yang dipusatkan di asrama haji Pondok Gede ini rencananya akan digelar setiap hari pada pukul 11.00 WIB.

Berikut data keberangkatan jemaah haji pada 5 Juni 2022:

Embarkasi Padang: PDG2 dengan 393 jemaah.
Embarkasi Jakarta Bekasi: JKS3 dan JKS4, masing-masing 410 jemaah.
Embarkasi Solo: SOC3 dan SOC4, masing-masing 360 jemaah.
Embarkasi Surabaya: SUB2 dengan 450 jemaah.
Embarkasi Jakarta Pondokgede: JKG2 dan JKG3, masing-masing 393 jemaah.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,480

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *