HeadlineInfo KlikersInternasional

Peristiwa Bersejarah 12 Agustus: Salah Satunya, Penemuan Dua Satelit di Planet Mars

Banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 12 Agustus di tahun yang berbeda. Berbagai macam peristiwa terjadi baik di dalam negeri maupun di luar negeri, yang menyimpan banyak peristiwa sejarah . Simak pemaparan di bawah ini.

Berikut  peristiwa penting pada 12 Agustus yang merupakan peristiwa bersejarah diantaranya:
1. Seorang Ahli Menemukan Dua Satelit di Planet Mars
Pada 12 Agustus 1877, ahli astronomi bernama Asaph Hall berhasil menemukan satelit di Planet Mars. Dua satelit itu dinamakan “Deimos dan Phobos” oleh  Asaph Hall.

Selain itu, ia juga menemukan orbit satelit dari planet lain dan dari bintang ganda, rotasi Saturnus, serta massa Mars.

2. HIRO, Satelit Komunikasi Pertama Diluncurkan 

Pada tanggal 12 Agustus juga, tepatnya pada tahun 1960 menjadi sejarah baru di dunia telekomunikasi. Pada tanggal tersebut, satelit Komunikasi pertama diluncurkan.

ECHO atau dikenal juga HIRO adalah satelit komunikasi pasif pertama milik Amerika Serikat, yang terbuat dari balon metal, berdiameter 30 meter (HIRO 1) dan 42 meter (HIRO 2). Kedua satelit tersebut diluncurkan di tahun yang berturut-turut yaitu di tahun 1960 dan tahun 1964 oleh NASA. 

Baca juga :   Targetkan SPIP Level 4 di 2024, Ini Langkah Kemenag

3. Pesawat Japan Airlines Jatuh di Gunung Takamagahara

Petugas SAR mencari korban selamat dalam tabrakan JAL penerbangan 123 di Gunung Osutaka. Pada tanggal 12 Agustus juga menjadi sejarah duka bagi penerbangan dunia khususnya Jepang.

 Karena pada 12 Agustus 1985, pesawat Japan Airlines penerbangan 123 dengan identitas Boeing 747-146SR nomor registrasi JA8119 jatuh di Gunung Takamagahara, Prefektur Gunma, Jepang, 100 kilometer dari ibu kota Tokyo, Jepang.

Lokasi jatuhnya berada di dua bubungan dekat Gunung Osutaka, dinamakan Osutakano-O’ne (Bubungan Osutaka). Kecelakaan tunggal ini merupakan yang terparah dalam sejarah penerbangan.

Seluruh awak pesawat sebanyak 15 orang meninggal, kemudian 505 dari 509 penumpang juga wafat, dengan total korban jiwa mencapai 520 orang. Termasuk aktor dan penyanyi terkenal Kyu Sakamoto yang juga meninggal.

4. Ditemukannya Fosil Tyrex 

Pada 12 Agustus 1990, fosil Tyrannosaurus Rex atau Tyrex ditemukan. Ini adalah fosil terlengkap dan terbesar yang ditemukan di Dakota Selatan, Amerika Serikat. Fosil tersebut diberi nama Sue dan diperkirakan berusia 65 hingga 67 juta tahun. 

Baca juga :   Ekonomi Kreatif Dapat Tekan Angka Kemiskinan Kabupaten Boyolali

Tyrex diketahui sebagai salah satu keluarga dinosaurus karnivora yang pada Zamannya tercatat lebih dari 2 miliar Tyrex yang hidup. 

5. Tenggelamnya Kapal Selam Rusia, Kursk

Pada tanggal 12 Agustus 2000,sebuah kapal selam Rusia yaitu kursk, tenggelam di Laut Barents setelah mengalami ledakan besar. Tenggelamnya kapal tersebut kemungkinan disebabkan oleh torpedo macet dan seluruh 118 awak tewas.

Pada hakikatnya sejumlah awak kapal selam bertenaga nuklir ini sempat bertahan hidup beberapa lama untuk mendapatkan pertolongan. Mereka bertahan hidup di sebuah ruangan yang tersisa di kapal selam tersebut.

Akan tetapi sayangnya, upaya mereka untuk terus bertahan hidup akhirnya gagal lantaran upaya penyelamatan tak maksimal dilakukan. Sebabnya karena keangkuhan pemerintah Rusia saat itu yang enggan menerima bantuan pertolongan evaluasi dari negara-negara lain. Bahkan tragedi ini sempat di film kan dengan judul film serupa, Kursk. 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,380

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *