Global ReviewPolitik

Taliban akan Bolos dari Pertemuan Perdamaian di Turki, ini Alasannya!

Taliban tidak akan menghadiri pertemuan untuk membicarakan proses perdamaian Afghanistan di Turki jika pertemuan tersebut diadakan minggu ini.

Turki menjadi tuan rumah pertemuan penting bulan ini. Pertemuan ini akan dihadiri oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Qatar dan didukung Amerika Serikat untuk membicarakan kesepakatan damai antara pihak-pihak yang bertikai di Afghanistan.

Para diplomat dan pejabat yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengatakan bahwa pertemuan ini direncanakan berlangsung selama 10 hari dari 16 April, meskipun tanggal tersebut belum final atau belum diumumkan secara resmi.

“Kami tidak dapat mengambil bagian dalam konferensi Turki pada 16 April karena diskusi untuk menghadiri konferensi sedang berlangsung,” kata juru bicara Taliban Mohammed Naeem dalam pesan yang dikirim ke kantor berita.

Meskipun belum ada tanggal untuk penetapan konferensi Turki, waktu untuk penarikan pasukan AS dan NATO dari Afghanistan hampir habis pada tenggat waktu 1 Mei. Ini sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump dengan Taliban. 

Para pejabat khawatir jika kesepakatan tidak segera tercapai, kekerasan di negara ini akan terus meningkat.

Presiden AS Joe Biden mengatakan akan “sulit” untuk menarik pasukan pada Mei, tetapi kemungkinan besar pasukan AS tidak akan tetap berada di Afganistan tahun depan.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberikan Taliban dan pemerintah Afghanistan rencana perdamaian delapan halaman yang diusulkan, yang akan mereka diskusikan dan revisi sebelum datang ke Turki untuk menyusun kesepakatan.

Rencana perdamaian Blinken menyerukan perlindungan hak-hak perempuan dan minoritas dan memungkinkan reformasi konstitusi. Ia juga menyerukan pembentukan pemerintahan sementara.

Rencana itu juga termasuk pembentukan Dewan Penasihat Islam yang akan memberi nasihat tentang semua undang-undang untuk memastikan mereka tetap dalam prinsip-prinsip Islam, sebuah konsesi yang jelas bagi Taliban.

Tetapi Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menawarkan alternatif pandangan untuk Blinken. Ghani akan memimpin pemerintahan sementara sampai pemilihan dapat diadakan dalam beberapa bulan.

Taliban telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan menerima pemerintahan yang dipimpin oleh Ghani, tetapi mereka belum menawarkan alternatif untuk usulan Binken.

Sementara itu, utusan perdamaian Washington, Zalmay Khalilzad, tokoh yang merundingkan penarikan pasukan AS di bawah Trump, telah bolak-balik antara Doha, tempat Taliban mempertahankan kantor politik, dan Kabul.

Kedutaan Besar AS di Kabul pada hari Senin mengatakan Khalilzad telah menghabiskan empat hari di ibukota Afghanistan, bertemu dengan pejabat pemerintah dan pemimpin masyarakat sipil dan menekankan “alasan mengapa penting kedua belah pihak mempercepat proses perdamaian”.

“Dalam semua pertemuannya, Duta Besar Khalilzad membawa visi bersama untuk konferensi yang akan dilakukan di Istanbul yang memajukan prospek perdamaian yang adil dan tahan lama di Afghanistan,” demikian kata kedutaan AS.

 

Sumber: Al-Jazeera

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 826