Global ReviewSpecial Klik

Seorang Anak dari Australia Diduga Tewas Saat di Penjara 3 Tahun di Suriah

LONDON – Seorang remaja Australia yang dipindahkan ke Suriah saat masih balita oleh kerabatnya yang mendukung Daesh dianggap tewas setelah dipenjara selama tiga tahun, menurut BBC.

Yusuf Zahab, 17, dipindahkan ke Suriah oleh anggota keluarga yang telah diradikalisasi di Australia dan bercita-cita untuk bergabung dengan organisasi teror ketika dia berusia 11 tahun pada tahun 2015. Pada 2019, ia dijatuhi hukuman penjara tanpa dakwaan.

Pemerintah Australia telah menolak untuk memulangkan rakyatnya dari Suriah, termasuk anak-anak yang dipindahkan ke negara yang dilanda perang itu, dengan alasan masalah keamanan.

Kerabat Zahab di Sydney menyatakan “patah hati dan marah” atas berita kematiannya, dengan mengatakan dia telah memohon kepada para pejabat Australia selama bertahun-tahun untuk mengembalikannya.

Keadaan di balik kemungkinan kematian Zahab tidak diketahui. Dia kemungkinan besar terluka pada Januari ketika pasukan Daesh menyerang penjaranya, yang dijalankan oleh Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi di timur laut negara itu.

Tentara Daesh berharap untuk membebaskan beberapa rekan senegaranya dari penjara, tetapi SDF, dengan bantuan militer AS, menahan mereka setelah perjuangan mengerikan selama seminggu yang menewaskan 180 orang.

Ketika pertempuran antara Daesh dan SDF berlanjut, Zahab mengirim rekaman audio ke keluarga australianya, mengatakan dia takut dia “bisa mati kapan saja.”

Dia diyakini terluka selama pertempuran. “Saya mengalami banyak kehilangan darah … “Tidak ada dokter di sini, tidak ada yang bisa membantu saya,” jelasnya saat itu.

Menurut Dana Anak-anak PBB, Zahab adalah salah satu dari 850 anak yang dipenjara di penjara di timur laut Suriah setelah Daesh kehilangan wilayah terakhirnya pada 2019.

“Bahkan dalam pesan terakhir yang kami terima dari Yusuf, dia meminta kami untuk memberi tahu ibunya bahwa dia mencintai dan merindukannya,” kata anggota keluarganya dalam sebuah pernyataan. Yusuf tidak harus mati.”

Mereka mengklaim bahwa pemerintahan Australia sebelumnya “tahu tentang posisi Yusuf selama lebih dari tiga tahun” sebelum pemilihan umum pada bulan Mei, menambahkan, “Kami tidak mengetahui langkah apa pun untuk membantu, merawat, atau bertanya tentang dia.”

Menurut badan amal yang bekerja di wilayah tersebut, pemerintah Australia mengevakuasi delapan anak yatim pada tahun 2019, selama kekacauan yang mengikuti kekalahan Daesh, tetapi 63 warga Australia, termasuk mantan militan, tetap terjebak di Suriah.

Hingga 40 dari 63 sisanya adalah anak-anak, beberapa di antaranya lahir di wilayah tersebut dari warga negara Australia.

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia menyatakan bahwa mereka sedang memeriksa laporan kematian Zahab dan membantu keluarganya.

Pemerintah Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “sangat khawatir” tentang rakyatnya di timur laut Suriah, tetapi bahwa kapasitasnya untuk bertindak di kawasan itu “sangat dibatasi” karena masalah keamanan.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 715

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *