Global ReviewKlik NewsPolitik

Rumahnya Dibakar Demonstran, Perdana Menteri Sri Lanka Mundur

Selain berunjukrasa di istana presiden Sri Lanka, para pengunjuk rasa juga masuk ke rumah perdana menteri Sri Lanka Wickremesinghe dan membakar rumah perdana menteri (09/07/2022). 

Hasil rekaman video di saluran berita lokal dan beredar di sosial media menunjukkan api dan asap besar dari rumah pribadi Wickremesinghe di kawasan Kolombo Sri Lanka.

Hingga berita ditulis belum ada laporan mengenai jumah korban dalam kebakaran tersebut. Perdana Menteri Sri Lanka Wickremesinghe telah dipindahkan ke lokasi aman oleh petugas keamanan pada hari sebelumnya, kata seorang sumber pemerintah sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Wickremesinghe juga telah mengumumkan pengunduran dirinya. Namun ia juga mengatakan tidak akan mundur sampai pemerintahan baru terbentuk.

“Hari ini di negara ini kami mengalami krisis bahan bakar, kekurangan pangan, kami memiliki kepala Program Pangan Dunia yang datang ke sini dan kami memiliki beberapa hal untuk didiskusikan dengan IMF,” kata Wickremesinghe. “Oleh karena itu, jika pemerintah ini tumbang, harus ada pemerintahan lain.”

Wickremesinghe mengatakan dia menyarankan kepada presiden untuk menjalankan pemerintahan, Perdana Menteri tidak dapat menjelaskan tentang keberadaan Rajapaksa.

Thyagi Ruwanpathirana, seorang peneliti di Amnesty International, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Sri Lanka “tidak akan keluar dari krisis dalam waktu dekat”.

“Kami tidak punya bahan bakar selama berhari-hari… Bayangkan saja kehabisan bahan bakar. Orang tidak bisa bekerja. Anak-anak tidak bisa sekolah. Seluruh ekonomi terhenti, ” Kata pengunjuk rasa dari Kolombo.

Demonstrasi pada hari Sabtu (09/07/2022) dimulai dengan ribuan orang berkumpul di alun-alun Galle Face Green di Kolombo dalam salah satu protes anti-pemerintah terbesar yang pernah terjadi di pulau yang dilanda krisis tahun ini. Tentara dan polisi di kediaman resmi presiden, yang terletak di dekat lokasi protes, tidak mampu menahan massa yang menyerukan pengunduran diri Rajapaksa.

Secara keseluruhan, setidaknya 39 orang, termasuk dua petugas polisi terluka dan dirawat di rumah sakit di tengah protes, kata sumber rumah sakit kepada Reuters.

Melaporkan dari Kolombo, Minelle Fernandez dari Al Jazeera mengatakan puluhan ribu pengunjuk rasa telah tiba di Kolombo untuk aksi demo.

“Orang-orang menyerbu stasiun kereta api dan secara harfiah memaksa karyawan untuk menempatkan mereka di kereta dan membawa mereka ke Kolombo,” katanya. “Mereka mengatakan mereka akan mengambil negara mereka kembali.”

Banyak orang di negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu menyalahkan kemerosotan negara itu pada Rajapaksa.

Protes yang sebagian besar damai sejak Maret menuntut pengunduran dirinya.

“Saya datang ke sini untuk mengusir presiden. Situasi di negara ini tidak baik. Dia harus pergi ke negara kita untuk keluar dari jurang ini,” Gihan Roshan, 38, mengatakan kepada Al Jazeera pada hari sebelumnya.

Kekacauan total

Sri Lanka sedang berjuang di bawah kekurangan devisa yang telah membatasi impor bahan bakar, makanan dan obat-obatan, menjerumuskannya ke dalam gejolak keuangan terburuk dalam 70 tahun.

Demonstrasi berbulan-bulan hampir menghancurkan dinasti politik Rajapaksa yang telah memerintah Sri Lanka selama hampir dua dekade terakhir. Salah satu saudara Rajapaksa mengundurkan diri sebagai perdana menteri bulan lalu, dan dua saudara lelaki lainnya serta seorang keponakan mengundurkan diri dari jabatan kabinet mereka sebelumnya.

Wickremesinghe mengambil alih sebagai perdana menteri pada bulan Mei dan protes sementara berkurang dengan harapan bahwa ia dapat menemukan uang tunai untuk kebutuhan mendesak negara itu. Tetapi orang-orang sekarang ingin dia mengundurkan diri juga, mengatakan dia telah gagal memenuhi janjinya.

Seorang demonstran memegang bendera Sri Lanka di satu tangan dan sebuah plakat di tangan lainnya yang bertuliskan: “Pissu Gota, Pissu Ranil” (Insane Gota, Insane Ranil) dalam bahasa Sinhala.

Ketika mahasiswa dan pengunjuk rasa lainnya berkumpul di jalan menuju rumah presiden pada Sabtu sore, polisi menanggapi dengan gas air mata,

“Ada pengamanan ketat dan kehadiran satuan tugas khusus. Kembalinya benar-benar di atas dengan tabung gas air mata hujan turun untuk membubarkan para pengunjuk rasa. Ada kekacauan total, hampir terinjak-injak untuk keluar,” lapor Fernandez.

Bentrokan terjadi setelah polisi mencabut jam malam yang mereka terapkan di Kolombo dan beberapa kota lain, di tengah keberatan oleh pengacara dan politisi oposisi yang menyebutnya ilegal. “Jam malam seperti itu jelas-jelas ilegal dan melanggar hak-hak dasar rakyat negara kita,” kata Asosiasi Pengacara Sri Lanka.

Ketidakpuasan di Sri Lanka telah memburuk dalam beberapa pekan terakhir karena negara yang kekurangan uang itu berhenti menerima pengiriman bahan bakar, memaksa penutupan sekolah dan penjatahan bensin dan solar untuk layanan penting.

“Ekonomi telah runtuh. Sebagian besar tidak dapat makan tiga kali sehari,” kata Imasha Ranasinghe, seorang mahasiswa berusia 22 tahun kepada Al Jazeera.

Dia termasuk di antara jutaan orang yang terhimpit oleh kekurangan bahan bakar kronis dan inflasi yang mencapai 54,6 persen pada Juni.

Ketidakstabilan politik dapat merusak pembicaraan Sri Lanka dengan Dana Moneter Internasional untuk mendapatkan paket bailout $3 miliar, restrukturisasi beberapa utang luar negeri, dan penggalangan dana dari sumber multilateral dan bilateral untuk meringankan kekeringan dolar.

Berbicara dari Kolombo, ekonom Chayu Damsinghe mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia berharap protes akan membawa perubahan di negara itu.

“Begitu perubahan itu terjadi, begitu pemimpinnya berganti, ada perasaan bahwa perubahan kebijakan benar-benar dapat dilaksanakan dan diterima oleh rakyat,” katanya sebelumnya, Sabtu.

“Terakhir kali orang benar-benar protes, ada perubahan nyata. Kemungkinan besar presiden harus mengambil langkah nyata menuju perubahan.”

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,284

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *