Global ReviewInternasional

Pasca Penarikan Pasukan AS, Taliban Diprediksi Akan Kuasai Kembali Afghanistan

Perwakilan dari pemerintah Afghanistan dan Taliban bertemu di Doha untuk perundingan yang diselenggarakan pada hari Sabtu (17/07/2021). Pertemuan ini dilakukan di tengah kekerasan yang berkecamuk di negara tersebut bersamaan dengan adanya penarikan pasukan seluruh asing.

Kedua belah pihak telah bertemu selama berbulan-bulan di ibukota Qatar, tetapi pembicaraan perdamaian telah kehilangan momentum karena Taliban telah membuat berbagai kemenangan dalam medan perang.

Beberapa pejabat tinggi, termasuk mantan presiden Hamid Karzai dan mantan kepala eksekutif Abdullah, berkumpul di sebuah hotel mewah pada hari Sabtu setelah sholat subuh.

Mereka bergabung dengan para diplomat dari kantor politik Taliban di Doha.

“Delegasi tingkat tinggi di sini untuk berbicara dengan kedua belah pihak, membimbing mereka dan mendukung tim perunding (pemerintah) dalam hal mempercepat pembicaraan dan kemajuan perundingan,” kata Najia Anwari, juru bicara tim perunding pemerintah Afghanistan di Doha.

“Kami berharap dapat mempercepat pembicaraan dan … dalam waktu singkat, kedua belah pihak akan mencapai hasil dan kami akan menyaksikan perdamaian yang tahan lama dan bermartabat di Afghanistan,” katanya.

Taliban telah memanfaatkan tahap terakhir penarikan AS dan pasukan asing lainnya dari Afghanistan untuk meluncurkan serangkaian serangan kilat di seluruh negeri.

“Kami siap untuk dialog, untuk pembicaraan dan negosiasi, dan prioritas kami adalah untuk memecahkan masalah melalui dialog,” kata juru bicara Taliban Muhamad Naeem kepada penyiar Al Jazeera menjelang pembicaraan hari Sabtu.

“Pihak lain harus memiliki keinginan yang benar dan tulus untuk mengakhiri masalah.”

Pembicaraan antara pemerintah dan pihak Taliban yang dipimpin oleh Mullah Abdul Ghani Baradar dimulai dengan pembacaan Alquran, kata Naeem dalam sebuah tweet pada hari Sabtu.

Pasukan Afghanistan bentrok pada Jumat (16/07/2021) dengan pejuang Taliban di Spin Boldak setelah melancarkan operasi untuk merebut kembali penyeberangan perbatasan selatan utama dengan Pakistan.

Taliban juga telah memperketat cengkeraman kekuasaan mereka di utara, dan berjuang untuk mempertahankan benteng seorang panglima perang yang terkenal.

Pertempuran di perbatasan selatan menyusul pertempuran intensif selama berminggu-minggu di Afghanistan, dengan Taliban menekan beberapa serangan dan menguasai puluhan distrik dengan kecepatan yang mengejutkan.

Saat pertempuran berkecamuk di sebagian besar Afghanistan, perang kata-kata juga memanas antara Kabul dan Islamabad, setelah wakil presiden Afghanistan menuduh militer Pakistan memberikan “dukungan udara dekat kepada Taliban di daerah-daerah tertentu.”

Pakistan membantah keras klaim itu, dengan pernyataan kementerian luar negeri mengatakan negara itu “mengambil tindakan yang diperlukan di dalam wilayahnya untuk melindungi pasukan dan penduduk kita sendiri.”

Islamabad telah menggembar-gemborkan konferensi para pemimpin regional untuk mengatasi kekerasan yang meningkat.

Alih-alih mengumumkan akan menunda KTT sampai setelah hari raya Idul Adha Muslim, yang akan dimulai minggu depan pada akhir haji tahunan, Taliban membuka jalan bagi pertemuan Doha.

Perbatasan selatan Afghanistan telah lama menjadi titik perselisihan dalam hubungan dengan negara tetangga.

Provinsi Balochistan Pakistan telah menjadi rumah bagi para pemimpin tertinggi Taliban selama beberapa dekade, bersama dengan kontingen besar pejuang cadangan yang secara teratur memasuki Afghanistan untuk meningkatkan barisan mereka.

Pasukan asing telah berada di Afghanistan selama hampir dua dekade setelah invasi pimpinan AS diluncurkan pasca serangan 11 September.

Mereka sebagian besar telah muncul di luar gambaran dalam beberapa bulan terakhir, tetapi kekhawatiran tumbuh bahwa pasukan Afghanistan akan kewalahan tanpa dukungan udara vital yang mereka berikan.

Kecepatan dan skala serangan Taliban telah mengejutkan banyak orang, dengan para analis mengatakan serangan itu tampaknya bertujuan memaksa pemerintah untuk bernegosiasi tentang persyaratan pemberontak atau menderita kekalahan militer total.

Menteri luar negeri Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa misi AS di Afghanistan telah “gagal.”

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188