BloggerGlobal ReviewKlik News

Anggota Parlemen Senior UE Mendukung Keberadaan Taiwan yang ‘Berdaulat’

Seorang anggota parlemen top Uni Eropa memperingatkan Beijing pada Rabu (20 Juli) bahwa masa depan Taiwan harus diputuskan oleh rakyatnya sendiri dan bahwa UE mendukung keberadaan “berdaulat” pulau itu.

Taiwan terus-menerus terancam oleh invasi Tiongkok, yang mengklaim pulau demokratis yang diperintah sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya dan telah bersumpah untuk merebutnya suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Meningkatnya ancaman Beijing telah memicu lebih banyak dukungan diplomatik untuk Taipei dan kunjungan dari anggota parlemen Barat.

Nicola Beer, wakil presiden Parlemen Eropa, datang ke Taiwan pada hari Selasa untuk apa yang disebut kementerian luar negeri Taiwan sebagai “kunjungan resmi pertama” oleh seorang MEP dari pangkatnya.

Beer menyatakan keprihatinan Eropa tentang Beijing “menempuh rute yang secara sepihak dapat mengubah status quo” dengan Taipei selama pertemuan dengan Presiden Tsai Ing-wen.

“Ini tidak boleh terjadi, dalam keadaan apa pun, tanpa dalih. Hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan Taiwan,” katanya.

“Jangan meragukan kepastian Eropa dalam upaya Anda untuk mewujudkan demokrasi, damai, dan berdaulat yang ada.”

Kantor Urusan Taiwan di Beijing telah menyatakan bahwa masa depan pulau itu harus dipilih oleh “semua orang China.”

Bir menyatakan bahwa Eropa akan “menanggapi setiap provokasi” dan mendorong China untuk berhenti dari “gerakan mengancam.”

Dia menambahkan bahwa China harus memainkan peran yang membantu dalam mempertahankan status quo “berdasarkan diskusi yang netral dan penuh hormat.”

Beer, seorang pengacara dan anggota Partai Demokrat Bebas liberal Jerman, menyatakan setibanya pada hari Selasa bahwa Eropa harus mendukung demokrasi Taiwan, mengutip invasi Rusia ke Ukraina dan tindakan keras China di Hong Kong sebagai contoh.

Serangan Rusia terhadap Ukraina telah meningkatkan kekhawatiran di Taiwan dan di antara sekutu utama Barat bahwa Beijing dapat mengikutinya di bawah Presiden Xi Jinping.

Sumber: CNA

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,838

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *