Regional

Tim PMkM Sastra Inggris UNPAM Gelar Pelatihan Drama Performance bagi Siswa SMP Puspita Bangsa Ciputat

TANGERANG SELATAN – Dalam rangka pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM), tim PMkM Sastra Inggris Universitas Pamulang yang diketuai oleh Alfiyaturohmah dengan anggota Ade Intan Fahriah, I Nyoman Krisna Arkandea, Natalia Carolina, Nindy Hani Pratiwi, Niken Ayu Lestari, Rama Dipayana, Tri dan Wina Adinda Pratiwi memberikan workshop pembentukan karakter siswa melalui drama performance di SMP Puspita Bangsa Ciputat pada hari Rabu, 23 Mei 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pembentukan karakter siswa serta memberikan contoh melalui drama performance yang memperlihatkan dengan jelas bagaimana karakter seseorang dapat diperankan dengan baik.

Karya sastra dipilih sebagai media karena banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan karya sastra dalam pendidikan dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter siswa.

Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan oleh Smith (2018) menemukan bahwa pembacaan dan pementasan drama sastra dapat membantu siswa mengembangkan empati, kepekaan sosial, dan keterampilan komunikasi interpersonal.

Dalam konteks ini, pembelajaran melalui karya sastra drama performance di SMP Puspita Bangsa Ciputat dapat menjadi sarana yang efektif untuk menggali dan membentuk karakter siswa.

Kegiatan PMkM ini dibuka dengan sambutan dosen pembimbing tim PMkM Prodi Sastra Inggris UNPAM yaitu Bambang Irawan, S.S., M.Pd. Dalam sambutannya, Bambang menekankan pentingnya pembentukan karakter sejak dini untuk mempersiapkan generasi muda yang bermoral tinggi dan berbudi pekerti luhur.

Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh Wakil Kepala SMP Puspita Bangsa, Siti Humaeroh, S.Pd.I. “Kegiatan PMkM seperti ini sangat penting dalam membantu anak-anak agar menjadi lebih terarah dalam mengembangkan karakter dan menentukan jati diri mereka,” ujarnya.

Selanjutnya, kegiatan PMkM ini diisi dengan pemaparan materi terkait pembentukan karakter serta pengenalan drama performance kepada siswa-siswi SMP Puspita Bangsa. Untuk memaksimalkan pengetahuan siswa-siswi terhadap materi yang dipaparkan, tim PMkM langsung memberikan contoh berupa pementasan drama sederhana yang diperankan langsung oleh anggota tim PMkM. Tujuan dari pementasan drama sederhana ini ialah untuk mengajak siswa-siswi agar dapat menilai perbedaan karakter dan dapat mengambil nilai-nilai positif yang sangat penting dalam menunjang pembentukan karakter siswa-siswi SMP Puspita Bangsa.

Selain itu, drama performance juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam menganalisis karakter fiksi dan memahami kompleksitas emosi dan motivasi di balik tindakan karakter tersebut. Ini tentu membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri sendiri dan orang lain.

Pada akhir kegiatan, tim PMkM mengisi acara dengan fun activities, tanya jawab dan pemberian hadiah kepada siswa-siswi.  Kegiatan ini dilakukan unuk melihat apakah siswa-siswi SMP Puspita Bangsa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembentukan karakter dan bagaimana karya sastra drama performance dapat menjadi alat yang efektif untuk menggambarkan dan mengembangkan karakter tersebut.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 43

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *