Info KlikersKesehatan

Manfaat Wudhu dari Aspek Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Sepanjang hari, anggota tubuh manusia sennantiasa bersentuhan dengan bakteri. Ada jutaan bakteri di setiap cm3 ( sentimeter kubik) yang bertebaran di sekitar kita. bakteri yang ada di sekitar kita akan memasuki pori-pori kulit yang terbuka. Bakteri dan kuman yang berhasil masuk kedalam tubuh kita akan menimbulkan beberapa penyakit.

Wudhu membasuh organ tubuh yang terbuka serta bersentuhan langsung dengan debu dan bakteri. Dengan berwudhu, bisa menghilangkan bekteri yang terdapat di permukaan kulit dan mencegah ancaman Bakteri dan virus Berbahaya.

Menurut Dr.M.Aron Pase, kulit merupakan organ terbesar tubuh manusia. fungsi utamanya ialah pembungkus tubuh serta pelindung tubuh dari berbagai kuman, racun, radiasi, serta pengatur suhu tubuh.

selain itu, kulit berfungsi sebagai tempat ekskresi ( pembuangan dari zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori), serta media komunikasi antar sel syaraf untuk merangsang nyeri, sentuhan dan tekanan. simak manfaat wudhu bagi kesehatan:

a. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Permukaan kulit adalah bagian tubuh terluar yang sering terkena sinar matahari, khususnya sinar ultraviolet, yang dapat mengakibatkan kanker kulit. melakukan wudhu sebanyak lima kali sehari mampu menjaga kelembapan permukaan kulit dari paparan sinar ultraviolet. 

Berdasarkan hasil survei, telah terbukti bahwa kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling populer dan banyak ditemukan di negara-negara barat, khususnya di Amerika dan Australia.

Namun, kalau kita perhatikan negara-negara islam, jenis penyakit ini tidaklah populer dan jarang menyebar di negara-negara tersebut. padahal, sengatan matahari di negara tersebut sangat terik. ternyata, hal ini disebabkan penduduk di negara islam  melakukan wudhu secara rutin.

b. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah pada ujung bagian atas dari  kedua tangan dan lengan serta ujung bagian bawah dari kedua betis lebih lemah dibandingkan anggota tubuh lainnya.

hal ini disebabkan anggota tersebut jauh dari pusat pengatur aliran darah, yaitu jantung. oleh karena itu, membasuh seluruh ujung dari anggota tubuh ini setiap kali melakukan wudhu dan memijatnya dapat memperlancar peredaran darah dalam anggota tubuh tersebut.

sehingga peredaran darah di seluruh tubuh berjalan lancar, stamina dan kesehatan tubuh juga mengalami peningkatan.

Referensi : forum kalimasada, kearifan syariat, Lirboyo Press, 2016,hlm 138. 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 785

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *