Info KlikersKlik NewsSosial BudayaTraveller

KEREN! Sanggar Purbajati Art Institute Angkat Kriya Anyam Rotan Jadi Extrakulikuler di Sekolah Kharisma Bangsa

Kerajinan tangan dari menganyam rotan menjadi salah satu club / extrakulikuler di sekolah SD Kharisma Bangsa, Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Mengangkat kearifan lokal pula yang menginspirasi bagi sanggar Purbajati Art Institute untuk terus melakukan inovasi agar seni rupa kerajinan menganyam menjadi upaya meningkatkan kemampuan motorik anak.

Dalam kegiatan Club Expo KG-Elementary Kharisma Bangsa 2022, komunitas yang telah berdiri sejak 2019 itu menyuguhkan berbagai karya rupa yang terbuat dari anyaman rotan.

Kemampuan menganyam dapat mengasah keterampilan motorik halus anak karena menggunakan tangan dan jari- jari demikian juga dengan kordinasi mata.

Selain keterampilan motorik halus yang dikembangkan, menganyam juga dapat digunakan sebagai alat untuk melatih logika anak, belajar matematika, dan melatih konsentrasi.

Siswa/siswi kharisma bangsa sangat antusias dalam mengunjungi stand menganyam pada expo, mereka sangat senang dan interaktif dalam mencoba belajar dasar menganyam.

Expo tersebut berlangsung di MPH Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Jumat (22/07/2022).

Raden Asyam Shobir Al-Muyassar (23), ketua dari sanggar ini bertutur bahwa orientasi komunitasnya mengikuti berbagai macam kegiatan tidak hanya soal juara.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat tentang eksistensi kerajinan tangan dari rotan bambu ini, semoga kelak semakin banyak masyarakat yang mengerti dan mencintai karya dari bambu,” ujarnya kepada Redaksi.

Tak hanya pada expo, kedepan Sanggar Purbajati Art berkerjasama dengan sekolah Kharisma Bangsa akan membentuk Club / Ekskul menganyam untuk meningkatkan edukasi menganyam terhadap siswa/siswi sekolah tersebut.

Asyam Menambahkan, “kami harap selain mencetak para pengrajin muda dari sekolah ini, kami akan meningkatkan prestasi anak melalui kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FLS2N) bidang kriya anyam serta mengadakan pameran-pameran karya untuk meningkatkan nilai ekonomis karya.” tutupnya. (*)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 2,914

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.