BloggerHukum-KriminalInfo KlikersSosial Budaya

HUT RI ke-77, Masyarakat Adat Belum Sepenuhnya Merdeka

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Lembaga Agraria dan Hubungan Industrial (LAGRIAL) melakukan kunjungan ke masyarakat adat Baduy di Lebak, Banten, pada Selasa (16/08/2022).

“Kunjungan dan dialog kami lakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia agar momen atau suasana perayaan tidak hanya sebatas pada hiruk pikuk perlombaan dan karnaval tapi perlu refleksi kembali makna kemerdekaan bagi masyarakat kecil yang dalam hal ini masyarakat adat suku baduy,” kata Kepala bidang Advokasi LAGRIAL Yudhia Sabaruddin, S.H., M.Si., pada Rabu (17/08/2022).

Yudhia menegaskan bahwa masyarakat adat di Indonesia hingga saat ini belum sepenuhnya merasakan kemerdekaan. Hal tersebut bisa dilihat dari masih banyaknya pengabaian hak-hak dari masyarakat adat.

“Secara substansial masyarakat adat belum merdeka karena masih belum diperhatikan sepenuhnya oleh negara melalui pemerintah selaku pelaksana atau pengelola kebijakan,” jelasnya.

Ia menyampaikan pemerintah atau pemangku kebijakan seharusnya tergugah melihat situasi yang dialami oleh masyarakat adat yang kerap mengalami tekanan di tanah sendiri.

Menurutnya, berbagai tekanan itu terus terjadi pada masyarakat adat sebagai akibat dari ketidakhadiran negara dalam menjalankan amanat konstitusi.

“Hal itu terlihat, hingga saat ini belum ada satu pun Undang-undang khusus terkait masyarakat adat guna melindungi hak dan kepentingan masyarakat adat,” ungkap Yudhia.

Oleh karena itu, Yudhia menegaskan, LAGRIAL untuk terus mengawal dan mendorong pemerintah dan DPR RI untuk segera mengesahkan RUU Masyarakat Adat menjadi UU agar kemerdekaan yang substansial bisa dirasakan oleh masyarakat adat.

“Merdeka tidak hanya sebuah kata milik penguasa tapi merdeka adalah sepenuhnya milik segenap bangsa,” tegas Yudhia.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 2,286

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *