Global Review

Warga New Mexico ditangkap karena dukung ISIS

ALBUQUERQUE, Meksiko – Seorang warga New Mexico ditangkap dan didakwa karena berusaha memberikan dukungan material terhadap kelompok ISIS.

Menurut Kantor Kejaksaan AS di New Mexico, Herman Leyvoune Wilson dari Albuquerque, ditangkap pada hari Jumat dan akan tetap ditahan sampai dakwaannya di pengadilan federal pada hari Selasa. Pengacara Wilson yang baru diangkat tidak menanggapi segara email yang meminta komentar atas tuduhan tersebut.

Menurut kantor kejaksaan AS, Wilson, yang juga dikenal sebagai Bilal Mu’Min Abdullah, didakwa awal pekan ini oleh jaksa agung federal atas tuduhan terkait dengan kelompok ISIS, sebuah organisasi teroris asing.

Menurut jaksa federal, Wilson berusaha mendirikan “Pusat Negara Islam” di New Mexico yang akan mengajarkan ideologi ISIS serta memberikan pelatihan seni bela diri, dan berfungsi sebagai tempat yang aman bagi orang-orang yang bersiap untuk memperjuangkan kelompok itu di Amerika Serikat dan luar negeri.

Wilson merekrut dua pria yang ditangkap pada September 2020 karena memberikan dukungan materi ISIS. Jaksa penuntut mengklaim bahwa Wilson kemudian menutup platform online yang bisa menghubungkan orang-orang itu dengan kelompoknya.

Kristopher Matthews dan Jaylin Molina ditangkap dan kemudian mengaku bersalah memberikan dukungan materi kepada kelompok ISIS di Distrik Barat Texas. Jaksa menuduh mereka berkomplot untuk mengebom atau menembaki situs-situs di New York City, termasuk Gedung Putih dan Trump Tower.

Pengadilan AS di Texas kemudian menghukum orang-orang itu. Matthews, 36, dari Carolina Selatan, dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, sementara Molina, 24, dari Cost, Texas, dijatuhi hukuman 18 tahun.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 156

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.