Global Review

Nuklir Iran Menjadi Fokus Utama pada KTT PBB 

NEW YORK — AS tetap yakin bahwa kembalinya kepatuhan terhadap kesepakatan nuklir Iran 2015 memberikan peluang terbaik untuk “menempatkan program nuklir Iran kembali ke dalam kesepakatan dan menghindari segala jenis krisis yang akan ditimbulkannya,” jelas Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Senin (01/08/2022).

Blinken membuat pernyataannya pada konferensi pers di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, di mana ia memimpin kelompok beranggotakan 60 orang untuk membantu memulai pembicaraan nuklir tingkat tinggi akhir bulan ini.

Dia menyatakan bahwa Amerika Serikat telah menyetujui proposal Uni Eropa yang dibuat “setelah berbulan-bulan diskusi, musyawarah, dan interaksi,” tetapi masih harus dilihat apakah Iran akan mengikutinya.

“Kami tetap siap untuk melanjutkan berdasarkan apa yang telah disepakati.” “Patut dipertanyakan apakah Iran bersedia melakukan itu,” kata Blinken.

Pernyataan Blinken dikeluarkan tepat setelah Amerika Serikat menjatuhkan sanksi minyak dan petrokimia baru terhadap Teheran.

Setiap lima tahun, negara pihak-pihak dalam Perjanjian tentang Non-Proliferasi Senjata Nuklir bertemu di New York untuk meninjau operasi perjanjian dan implementasi ketentuan-ketentuannya, yang meliputi pencegahan penyebaran senjata nuklir, penghancuran persenjataan nuklir yang ada untuk akhirnya mencapai dunia bebas senjata nuklir, dan promosi penggunaan energi nuklir secara damai.

KTT itu, menurut Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, sedang berlangsung pada titik vital bagi perdamaian dan keamanan dunia, “karena umat manusia berisiko melupakan pelajaran besar dan mengerikan di Hiroshima dan Nagasaki.”

Ketegangan geopolitik berada pada titik tertinggi sepanjang masa, menurut Guterres, ketika negara-negara “mencari keamanan ilusi dengan menimbun dan menghabiskan ratusan miliar dolar untuk senjata kiamat yang tidak memiliki tempat di bumi kita.”

Konferensi Peninjauan terakhir terjadi pada tahun 2015, sementara konferensi saat ini dijadwalkan untuk tahun 2020 tetapi ditunda karena epidemi.

Dengan 191 anggota, termasuk lima negara senjata nuklir, Cina, Rusia, Prancis, Amerika Serikat, dan Inggris, NPT adalah perjanjian pengendalian senjata internasional yang paling komprehensif. Ini mulai berlaku pada tahun 1970 dan telah berfungsi sebagai landasan sistem non-proliferasi global sejak saat itu.

Kesepakatan nuklir Iran, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama, dicapai setelah pertemuan peninjauan 2015, oleh karena itu negara-negara pihak belum pernah membahasnya sebelumnya.

Menurut Gustavo Zlauvinen, presiden Konferensi Peninjauan ke-10 NPT, AS dan negara-negara pihak lain akan menyuarakan keprihatinan tentang program nuklir Iran, mengutip laporan Badan Energi Atom Internasional terbaru, yang mengungkapkan “inkonsistensi dan sejumlah masalah lain (yang) membayangi program (nuklir Iran) dan memiliki (menimbulkan) pertanyaan tentang apakah program itu benar-benar untuk tujuan damai atau tidak.”

Zlauvinen percaya Iran akan mempertahankan program nuklirnya sebagai tidak berbahaya.

“Maka pertanyaannya adalah seberapa keras Amerika Serikat dan yang lainnya akan mendesak agar masalah ini dimasukkan atau tidak dimasukkan dalam dokumen hasil apa pun.”

“Saya percaya bahwa semakin banyak kemajuan yang kami buat dalam pembicaraan JCPOA di Wina, semakin rendah tingkat diskusi dalam konferensi peninjauan,” tambahnya. Tetapi jika percakapan itu gagal membuahkan hasil, hampir pasti akan ada kontroversi tambahan di sini.”

Menteri luar negeri Yordania, Ayman Safadi, berbicara atas nama Kelompok Arab, mengatakan bahwa negara-negara Arab menghargai rezim NPT dan mengakui IAEA sebagai satu-satunya organisasi dengan mandat untuk memverifikasi insiden yang melibatkan penggunaan bahan nuklir secara damai.

Dia mengatakan kepada duta besar dan menteri internasional bahwa perjanjian itu didasarkan pada perjanjian di mana negara-negara nuklir setuju untuk menghapuskan senjata nuklir mereka dan semua negara lain setuju untuk menahan diri dari mengembangkan senjata semacam itu.

“Negara-negara senjata nuklir telah gagal mematuhinya.” “Komunitas Arab prihatin tentang itu,” tambah Safadi, mendorong negara-negara itu untuk transparan tentang persenjataan nuklir mereka.

Dia mengadvokasi pengembangan alat yang mengikat secara hukum untuk meyakinkan negara-negara non-nuklir tentang perlindungan internasional terhadap penggunaan senjata nuklir.

Safadi juga merujuk pada larangan yang jelas untuk mentransfer teknologi nuklir ke negara-negara yang bukan penandatangan perjanjian itu, menyebut Israel sebagai salah satu dari empat negara yang belum bergabung dalam perjanjian tersebut, bersama dengan Pakistan, India, dan Sudan Selatan.

Kesimpulan dari Konferensi Peninjauan 1995 adalah pembentukan zona bebas nuklir di Timur Tengah.

Menurut Safadi, “Timur Tengah sudah memiliki cukup masalah untuk menghadapi (tanpa) bencana baru atau munculnya senjata nuklir ke negara-negara kita.”

Jordan “sepenuhnya berkomitmen pada NPT,” tegasnya.

Namun, Safadi menyatakan bahwa membangun Timur Tengah yang bebas senjata nuklir berjalan seiring dengan menyelesaikan semua masalah Timur Tengah, termasuk perjuangan Palestina, perang Suriah, krisis Yaman, dan ketegangan di Libya.

Sumber: Arab News

What's your reaction?

Related Posts

1 of 74

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *