Global Review

Finlandia Umumkan Bantuan Militer 400 Jute Euro untuk Ukraina

Helsinki: Finlandia hari Jumat mengumumkan paket bantuan militer senilai 400 juta euro ke Ukraina, sebuah bantuan terbesar hingga saat ini.

“Ukraina terus membutuhkan dukungan dalam mempertahankan wilayahnya,” kata Menteri Pertahanan Mikko Savola dalam sebuah pernyataan.

“Kementerian itu tidak mengungkapkan informasi lebih rinci tentang paket bantuan. Ia mengatakan bantuan itu tidak termasuk tank tempur Leopard,” kata penasihat khusus Miikka Pynnonen kepada AFP.

Ini merupakan paket perlengkapan pertahanan ke-12 negara Nordik ke Ukraina. 11 sebelumnya memiliki nilai gabungan 190 juta euro (sekitar $205 juta).

Kementerian itu juga mengatakan Finlandia akan menandatangani apa yang disebut Pernyataan Niat dengan Swedia tentang dukungan untuk Ukraina, untuk memastikan bantuan tersebut “tidak akan membahayakan pertahanan nasional kedua negara.”

“Finlandia memasok peralatan pertahanan ke Ukraina, dan Swedia menyatakan kesiapannya untuk mendukung Finlandia jika diperlukan,” kata pernyataan itu.

Pada hari Kamis, Swedia berjanji untuk mengirim Ukraina sistem artileri Archer, howitzer mobile modern yang diminta oleh Kyiv selama berbulan-bulan, bersama dengan kendaraan lapis baja dan rudal anti-tank.

Tekanan juga meningkat pada Jerman dari sekutu Eropa untuk mengesahkan ekspor tank Leopardnya, yang digunakan oleh beberapa angkatan bersenjata di seluruh dunia, termasuk Finlandia.

“Kami berharap keputusan ini (untuk mengirimkan Macan Tutul) akan dibuat nyata, dan Finlandia pasti siap memainkan perannya dalam dukungan itu,” kata Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto pada hari Selasa.

Sumber: AFP

What's your reaction?

Related Posts

1 of 30

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *